Pantai Pandansimo : Fasilitas, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

MataramNews.co.id – Indonesia sendiri termasuk salah satu negara kepulauan yang memiliki 17.000 lebih pulau. Tidak heran jika Indonesia memiliki ribuan pantai yang indah dan dijadikan tempat wisata. Misalnya pantai Kuta yang terletak di Provinsi Bali. Setelah mengulas tentang Pantai Parangendog yang terletak di Yogyakarta, masih dilokasi yang sama kalian bisa menemukan jenis pantai lainnya yang bisa dijelajahi yaitu Pantai Pandansimo. Pantai ini terletak di kawasan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Pandansimo juga tak kalah keren dengan pantai lainnya yang ada di Indonesia. Pasalnya, ombak dari pantai nya sangat bergemuruh dan memiliki air yang jernih. Selain pantai parangendog, kalian bisa mengunjungi Pantai Pandansimo sebagai destinasi wisata selanjutnya. Karena lokasinya masih di daerah Jogja. Banyak sekali kalangan pengunjung yang berdatangan hanya untuk melihat keindahan alam di sekitar pantai.

Dan bagi kalian yang kerap mengeksplor pantai khususnya di daerah Jogja, tentu sudah tidak asing lagi dengan pantai pandansimo bukan? Bantul sendiri terkenal dengan wilayah pantainya yang luas dan memiliki pasir yang hitam. Namun, keindahan yang ditawarkan oleh wisata alam ini sangat menarik dan membuat siapa saja menjadi terkesan. Apa lagi jika kalian yang menyukai pantai sebagai tempat healing.

Meskipun berbeda dengan beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul, dimana pasir pantai di wilayah tersebut memiliki pasir putih. Pantai Pandansimo tetap memiliki daya Tarik tersendiri dan mampu menarik perhatian kalangan wisatawan. Maka dari itu, kalian bisa merencanakan untuk berkunjung ke pantai tersebut. Selain tempat untuk berlibur, pantai ini memiliki sejarah yang masih erat kaitannya dengan jaman dulu.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo

Sama seperti pantai-pantai lainnya yang ada di daerah Yogyakarta, kalian bisa menemukan banyak sekali daya Tarik dan pesona di Pantai Pandansimo ini. Dan pastinya akan memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung di tempat tersebut. Jadi, untuk kalian yang ingin berkunjung ke tempat ini ketahui terlebih dahulu daya Tarik yang ada di Pantai Pandansimo sebagai berikut.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata di Jakarta Paling Hits Dan Instagrammable 2022

Pantai yang Memiliki Sisi Historis

Perlu kalian ketahui bahwa pantai ini memiliki sedikit cerita mistis yang banyak di percayai oleh masyarakat setempat. Berdasarkan sejarah yang ada di tengah-tengah masyarakat Bantul sendiri, pantai ini pernah dijadikan sebagai tempat tirakar dan di resmikan secara langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII.

Maka dari itu, pantai ini menjadi saksi bisu sebagai tempat yang dilakukan oleh raja kesultanann Yogyakarta pada masa lampau. Suasana mistisnya sangat kental dan terdapat sebuah padepokan dengan gaya bangunan khas Jawa yang melegenda. Selain itu, pantai ini juga memiliki hari keramat. Yakni malam Jum’at Kliwon. Hal ini juga berkaitan dengan adanya tempat ziarah yang tak jauh dari lokasi pantai yang disebut dengan Pandan payung dan Pandan sari.

Memiliki Panorama Berupa Deretan Kincir Angin

Salah satu daya Tarik dari pantai bantul ini adalah Memiliki Panorama Berupa Deretan Kincir Angin. Pasalnya turbin ini tidak berhenti berputar karena banyaknya hembusan angin disekitar pantai. Jumlahnya sangat banyak hingga mencapai puluhan dan tujuan dari kincir angina sendiri sebagai system penerangan di wilayah tersebut.

Dan akhirnya kincir angin ini menjadi salah satu ciri khas dari pantai tersebut. Dan berguna untuk menghasilkan energy. Pasalnya, kincir angin ini mampu memberikan daya listrik hingga 10 kilowatt. Selain itu, kincir angina ini merupakan bentuk kerjasama Kememristek dan UGM yang memasok daya listrik setiap harinya dan bisa menerangi rumah warga yang disekitar pantai tersebut.

Asal Usul Nama Yang Menarik

Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui tentang asal-usul dari nama Pandansimo. Nama pantai ini berasal dari dua kata yakni Pandan dan Simo. Pandan berarti daun pandan dan Simo artinya macan. Jadi, Pantai Pandansimo ini cukup berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Wilayah Jogja. Yang bukan hanya sekedar tempat untuk berwisata saja.

Pantai Pandansimo juga memiliki keistimewaan tersendiri dan kincir angina yang menjadi ciri khas dari pantai tersebut yang memiliki banyak manfaat untuk para warga sekitar pantai. Selain itu pantai ini juga kerap digunakan untuk beragam aktivitas kebudayaan lainnya. Seperti sedekah laut, pentas seni budaya dan merti dusun. Labuhan sedekah laut sendiri merupakan sebuah ritual yang sakral dan sebagai bentuk harapan agar bisa mendapatkan berkah dan keselamatan dari Allah SWT.

Baca Juga :  Keindahan Curug Dago Bandung, Air Terjun & Prasasti Raja Thailand

Tempat Pengujian Produk NASA

Menariknya lagi bahwa pantai di Bantul ini menjadi salah satu Tempat Pengujian Produk NASA. Pihak NASA sendiri mengujikan teknologi kualitas dari produk nya di tempat ini. Produk yang dimaksud adalah pupuk organis yang di tanam dikawasan bibir pantai, dan termasuk ke dalam wilayah pantai di ring 1. Pasalnya, penanaman produk ini tidak memanfaatkan pupuk kandang atau pupuk kompos.  Melainkan menggunakan pupuk organik dari NASA dan memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Untuk lokasi dari pantai pandansimo ini terletak di Kabupaten Bantul tepatnya di Kecamatan Srandakan, DI Yogyakarta. Dari Jogja Kota sendiri akan memakan waktu hingga 3 jam lamanya atau sekitar 31 KM. Kalian bisa menemukan banyak rute untuk sampai ke pantai tersebut. Kalian menggunakan kendaraan roda 2 atau 4, atau kendaraan umum lainnya.

Dari Kota Jogja, kalian bisa melalui jalanan ke kota Bantul, dan arahkan kendaraan ke selatan hingga terdapat sebuah perempatan Palbapang Bantul. Kemudian, ambil jalan ke kanan menuju Srandakan. Maka aka nada Bundaran Srandakan, dan ambil sisi kiri sebelum sampai ke jembatan sungai progo. Dan silahkan ikuti jalan melalui Jalan Pandansimo dan lokasi pantai sudah dekat. Kalian bisa memanfaatkan google maps agar bisa sampai ke pantai tersebut.

Jika wisatawan yang datang dengan naik pesawat, maka keluar dari pintu bawah tanah dan naik bus Trans Jogja. Lalu turun di Terminal Giwangan dan naik bus lagi ke jurusan Srandakan, setelah itu turun di jembatan kali Progo. Dari sini, kalian bisa naik ojek untuk sampai ke pantai.

Harga Tiket Pantai Pandansimo

Dan harga tiket yang di terapkan oleh pantai ini adalah Rp. 2.000/orang. Tentu saja harga yang sangat murah untuk kalangan pelancong yang ingin menikmati pantai keren ini. Selain itu, untuk kalian membawa kendaraan pribadi baik motor dan mobil, harus membayar biaya parkir. Untuk motor sendiri di patok dengan harga Rp. 5.000 dan mobil Rp. 10.000.

Dengan begitu kalian bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan, terlebih jika kalian menyukai pantai dan bisa merasakan sensasi pemandangan yang menarik untuk bisa kalian abadikan. Kalian juga tidak perlu untuk berlibur jauh dan menyiapkan budget yang mahal. Karena pantai ini bisa dijadikan solusi bagi kalian yang ingin mendapatkan sensasi pemandangan pantai tersebut.

Baca Juga :  Curug Tilu Leuwi Opat Wisata Bandung, Cek Harga Tiketnya disini

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Banyak sekali fasilitas yang bisa kalian dapatkan pada pantai tersebut. tentu saja mampu menunjang kebutuhan para pengunjung yang berdatangan. Beberapa fasilitas yang diberikan adalah lokasi parkir yang luas baik untuk kendaraan roda dua atau empat. Selain itu, terdapat mushola, kamar mandi, tempat makan, gazebo dan sebagainya.

Banyak pula beberapa spot foto yang bisa kalian coba, seperti kincir angin yang menjadi ciri khas dari pantai di Bantul tersebut. Maka dari itu kalian bisa memulai untuk membuat rencana berkunjung ke pantai pandansimo tersebut. Temukan banyak sekali objek wisata yang sudah tersedia di tempat wisata tersebut.

Obyek Wisata Pantai Pandansimo

Banyak sekali objek wisata yang bisa kalian temukan didalam pantai menarik ini. Dan pastinya tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai yang lainnya untuk bisa kalian nikmati. Para pengunjung bisa mencoba beberapa Obyek Wisata Pantai Pandansimo. Silahkan simak detailnya dibawah ini.

Area untuk Outbound

Di pantai ini, kalian bisa mencoba outbound yang telah disediakan. Jadi, para pengunjung tidak hanya menikmati keindahan pantai saja. Dengan begitu, kegiatan menjadi lebih seru lagi, kalian bisa menyewa nya secara langsung dan di tempat ini sudah menyediakan beberapa macam paket yang bisa kalian tentukan secara bebas.

Camping Ground

Para pengunjung juga bisa melakukan kemah di pinggir pantai sembari menikmati deburan ombak yang merdu. Tentu saja membuat siapa pun merasa nyaman, dan semakin betah untuk berlama-lama di pantai tersebut. kalian bisa mencobanya di pantai tersebut, karena sudah menawarkan area khusus untuk kemah.

Kolam Renang

Terdapat pula kolam renang yang bisa kalian temukan didalam objek wisata ini. Tentu saja kalian tidak hanya menikmati keindahan pantai saja. Kalian bisa mengajak anak kecil untuk berenang sembari bermain bola plastic yang telah disediakan. Dan pastinya membuat liburan lebih berkesan dan ketagihan untuk mengunjungi nya lagi dan lagi.

Penutup

Demikianlah review mengenai Pantai Pandansimo untuk bisa kalian kunjungi. Untuk penyuka pantai khususnya warga Jawa Tengah tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Pastikan untuk ajak teman, kerabat, pasangan dan lainnya agar bisa mengunjungi Pantai Pandansimo bersama-sama. Semoga bermanfaat, terimakasih.

error: Content is protected !!