4 Cara Cek Kuota Telkomsel Lewat Dial Up, SMS, dan Aplikasi 2022

MataramNews.co.id – Pada era di mana internet jadi kebutuhan utama, kuota menjadi salah satu hal yang penting adanya. Ketersediaan kuota pun harus terus dicek agar ketika habis, bisa langsung diisi ulang. Termasuk juga untuk cek kuota Telkomsel yang kamu gunakan.

Dengan adanya kuota, kamu bisa menyelesaikan banyak pekerjaan, berselancar di internet, main game, atau sekadar memainkan media sosial kesukaanmu saja. Maka dari itu setiap pengguna harus memastikan ketersediaan kuota yang dimiliki.

Kuota harus sering-sering dicek agar beberapa aktivitas yang membutuhkan kuota seperti di atas tidak terganggu. Beberapa provider telekomunikasi menyediakan sejumlah cara tertentu agar dapat mengetahui sisa kuotanya.

Salah satu provider yang memberikan beberapa cara untuk mengetahuinya adalah Telkomsel. Telkomsel itu sendiri merupakan provider telekomunikasi dengan pengguna terbanyak di Indonesia.

Telkomsel jadi pilihan banyak orang terutama karena sinyal atau koneksi yang stabil dan tergolong cepat. Bahkan sejumlah test kecepatan menyebutkan jika Telkomsel merupakan provider yang paling cepat di Indonesia.

Alasan Telkomsel Banyak Dipilih Masyarakat Indonesia

Alasan Telkomsel Banyak Dipilih Masyarakat Indonesia

Sebelum mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk cek sisa kuota Telkomsel, mungkin kamu perlu tahu dulu apa saja alasan Telkomsel punya pengguna terbanyak. Alasan-alasan ini ada juga sebagai poin kelebihan yang dimiliki Telkomsel. Berikut penjelasannya:

1. Memiliki Jaringan yang Luas

Telkomsel sudah lama berkecimpung dalam dunia telekomunikasi Indonesia. Hal ini membuatnya punya jaringan yang luas lagi merata. Lantaran berjalannya waktu, Telkomsel terus berupaya untuk meluaskan jaringan yang dimilikinya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube Youtube Pada Mozilla & Chrome

Bahkan khusus 4G yang dimilikinya, Telkomsel punya frekuensi 900Mhz serta daya pancar yang sangat luas. Hal ini memungkinkan setiap pengguna Telkomsel bisa mengakses internet kapanpun dan di manapun sesuai keinginan.

Pengguna provider Telkomsel yang ada di kota maupun di kawasan yang jauh dari kota, tidak akan mengalami hambatan untuk berkomunikasi. Pasalnya, jaringan yang dipunyai oleh Telkomsel sangat luas dan terbilang merata.

Mungkin memang masih ada beberapa daerah yang belum tersentuh jaringan Telkomsel. Namun, lambat laun Telkomsel pasti mengembangkan layanan dan memperluas jaringannya hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

2. Kecepatan yang Stabil

Setiap pengguna internet pasti menginginkan koneksi yang cepat dan stabil. Nah, Telkomsel bisa menjadi jawaban yang tepat untuk hal tersebut. Ya. Telkomsel memang memiliki jaringan yang cepat dan stabil.

Hal ini jugalah yang membuat banyak orang enggan pindah dari provider satu ini. Meskipun terbilang mahal, layanannya sangat worth untuk didapatkan. Bahkan di awal sudah disebutkan kalau Telkomsel adalah provider dengan koneksi tercepat di Indonesia.

Dalam situasi yang genting, kecepatan internet yang tinggi dan stabil tentu diperlukan. Telkomsel dapat menjawab itu semua. Kecepatan internetnya bisa mencapai 36Mbps untuk jaringan 4G LTE.

Jadi, saat kamu mengunduh file penting, mengunduh file dalam jumlah besar, berselancar, streaming, bermain game, atau apapun, akan sangat jarang mengalami lag dan masalah jaringan lainnya.

Cara Cek Kuota Telkomsel

Cara Cek Kuota Telkomsel

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk cek kuota Telkomsel yang masih tersisa. Cek kuota dengan beberapa cara ini perlu kamu lakukan karena saat kuotanya habis, biasanya tarif internet yang dikenakan jauh lebih besar. Bahkan bisa lebih besar dibandingkan paket kuota yang biasa kamu gunakan.

Baca Juga :  Link Dan Cara Anonymous Chat Telegram Indonesia Dan International

Jika penasaran dengan beberapa caranya, berikut penjelasannya:

1. Cek Kuota Telkomsel Lewat SMS

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk tahu sisa kuota Telkomsel yang tersedia, bisa dengan lewat SMS. Cara ini bisa kamu lakukan kalau ingin melakukan yang paling sederhana. Adapun langkah-langkahnya yakni:

  1. Pertama, buka aplikasi Pesan atau SMS yang ada di ponsel pintar milikmu.
  2. Setelah itu, pada kolom Isi Pesan, tuliskan atau ketikkan UL(spasi)INFO. Jadi tulisannya UL INFO.
  3. Jika sudah menuliskannya, kamu bisa klik kolom penerima pesan atau pihak yang akan dikirimkan pesan.
  4. Pada kolom tersebut, ketik nomor 3636.
  5. Kalau sedang terjadi gangguan, ada cara lain yang bisa dilakukan.
  6. Caranya bisa dengan ketik Flash(spasi)infov2.
  7. Kirimkan pesan tersebut ke nomor 3636.
  8. Setelah mengirimkannya, kamu hanya perlu menunggu.
  9. Kamu perlu menunggu sampai nomor yang dituju memberikan SMS balasan.
  10. SMS balasan yang didapatkan biasanya berisi informasi yang lengkap tentang berapa sisa kuota nomor Telkomsel yang kamu miliki.

2. Cek Kuota Telkomsel Lewat Dial Up

Cara lain yang dapat kamu manfaatkan untuk cek sisa kuota Telkomsel yakni melalui menu Dial Up. Cara ini juga sama-sama terbilang mudah. Kamu bahkan hanya butuh beberapa detik saja untuk mengetahui sisa kuota yang tersedia. Penasaran? Begini caranya:

  1. Pertama, silakan masuk ke menu Panggilan.
  2. Setelah itu, pada menu tersebut ketik *888#.
  3. Kemudian, kamu akan ditampilkan menu pop-up yang di dalamnya ada sejumlah menu.
  4. Lalu, pilih saja menu Cek Pulsa.
  5. Cara untuk memilihnya adalah dengan memasukkan nomor di sebelah depan menu.
  6. Kemudian, lanjutkanlah dengan pilih opsi Cek Kuota dengan cara yang sama, yakni dengan memasukkan nomor di depan menu tersebut.
  7. Setelah selesai, langsung pilih Send/Kirim.
  8. Pada tahap selanjutnya, langsung pilih lagi Cek Kuota.
  9. Setelah itu klik Send/Kirim lagi.
  10. Langkah terakhir hanya perlu menunggu.
  11. Kamu wajib menunggu sampai informasi tentang kuota internet dari Telkomsel yang tersisa ditampilkan.
  12. Ada dua metode yang digunakan untuk menampilkan kuota: langsung lewat Dial Up dan ada juga yang ditampilkan melalui SMS.
  13. Cek inbox atau kotak pesan untuk tahu sisa kuotamu.
Baca Juga :  4 Cara Cek Kuota Axis 2022 Dan Tips Menghemat Kuota Axis

3. Cek Kuota Telkomsel Lewat Aplikasi

Seperti yang sudah umum diketahui, Telkomsel memiliki sejumlah layanan untuk membuat setiap pelanggannya puas. Salah satu layanan yang disediakan adalah aplikasi. Kamu juga bisa loh cek sisa kuota Telkomsel dari aplikasinya.

Aplikasi yang dimaksud adalah MyTelkomsel. Guna melihat sisa kuota dari aplikasi tersebut, kamu wajib mendownload lebih dulu aplikasi yang disediakan Telkomsel. Setelah itu, lakukan beberapa langkah ini:

  1. Selesaikan unduhan aplikasi MyTelkomsel lebih dulu.
  2. Jika unduhan telah diselesaikan, silakan buka saja aplikasinya.
  3. Kemudian, kamu bisa login atau melakukan sign up lebih dulu kalau belum punya akun.
  4. Kamu bisa mendaftar dengan mudah menggunakan nomor telepon Telkomsel yang dimiliki.
  5. Setelah memasukkan nomor telepon, kamu akan dimintai verifikasi.
  6. Nah, pada tahap verifikasi yang dilakukan, kode biasanya akan dikirimkan lewat SMS.
  7. Jadi jangan lupa cek inbox atau pesan yang masuk.
  8. Langsung masukkan kode yang dikirim lewat SMS ke kolom yang telah disediakan.
  9. Setelah berhasil masuk ke laman utama MyTelkomsel, sudah ada beberapa informasi yang disediakan.
  10. Salah satu informasi yang disediakan adalah jumlah kuota milikmu.
  11. Klik pada informasi Jumlah Kuota. Di situ sudah ada keterangan jelas mengenai sisa kuota milikmu.

Penutup

Itu adalah beberapa cara cek kuota Telkomsel yang bisa kamu lakukan. Memang ada variasi cara. Namun, masing-masing cara terbilang sama efektif dan sama mudahnya untuk dilakukan.

error: Content is protected !!