Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil Dengan Benar

MataramNews.co.id – Pemilik kendaraan baik mobil atau motor diwajibkan untuk memiliki surat Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Dan Surat Kuasa Pengambilan BPKB ini merupakan hal yang penting untuk kalian perhatikan jika tidak bisa mengambil BPKB tersebut. Banyak kalangan warganet yang belum mengetahui bagaimana cara membuat surat kuasa tersebut. Pasalnya, kami akan berikan beberapa Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB untuk kalian coba.

Surat kuasa ini bisa kalian butuhkan jika kalian tidak bisa hadir untuk mengambil BPKB tersebut dan meminta orang lain untuk mengambil BPKB tersebut. Hal ini juga tercantum di situs Polri, BPKB termasuk salah satu buku yang diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri bersifat bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Dan buku ini memiliki hak kepemilikan secara terbatas, selain itu tidak semua orang bisa mengambilnya.

Maka dari itu, pemberian kuasa sendiri merupakan bentuk dari persetujuan untuk seseorang yang memberikan kekuasaan untuk orang lain untuk melakukan sesuatu atas nama orang pemberi izin kekuasaan tersebut. Pemberian kekuasaan bisa di lakukan dalam bentuk akta, surat tandatangan atau secara lisan.

Dan tujuan dari surat kuasa ini adalah untuk melimpahkan kewenangan dari pemberi kuasa kepada orang yang mereka tunjuk. Berikut ini kami akan berikan beberapa Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB sebagai berikut.

Fungsi BPKB

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Sebelum masuk ke pambahasan mengenai Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa manfaat dari BPKB tersebut yang wjaib kalian ketahui. Dan silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  • Sekuruh kendaraan motor yang berhasil terdaftar serta memiliki STNK kendaraan bermotor dalam keadaan berjalan atau rusak wajib memiliki BPKB yang berguna sebagai tanda pengenal kendaraan bermotor
  • BPKB hampir sama dengan Certificate of Ownership yakni dokumen penting yang wajib kalian simpan
  • BPKB juga mempertinggi daya guna baik dari tata cara administrasi pendaftaran kendaraan bemotor. Kalian bisa memanfaatkannya sebaik mungkin misalnya untuk pengawasan terhadap pemasukan keuangan negara non pajak, dan lainnya
  • BPKB juga bisa termasuk salah satu jaminan untuk kebutuhan pinjam meminjam
  • DLL
Baca Juga :  Link Twibbon Selamat Ulang Tahun Kekinian Dengan Desain Menarik

Tentu saja adanya BPKB ini akan memudahkan kalian untuk melakukan beragam hal, karena memiliki segudang manfaat didalamnya. Untuk bisa kalian manfaatkan sebaik mungkin. Ketahui beberapa syarat pengambilan BPKB menggunakan surat kuasa yang wajib kalian perhtikan.

Syarat Pengambilan BPKB

Pembuatan surat kuasa BPKB ini memiliki beberapa syarat dan ketentuan untuk pengambilan BPKB tersebut. Jadi kalian wajib mengetahuinya terlebih dahulu. Untuk mengetahuinya lebih detail, ada pun syarat yang diwakilkan oleh Adira Finance untuk kalian coba.

  • Surat kuasa pengambilan BPKB
  • KTP Asli pemberi dan penerima kuasa
  • Bukti pembayaran terakhir
  • Surat keterangan dari kelurahan setempat jika alamat saat pengajuan kredit berbeda dengan alamat yang tercantum di KTP

Untuk BCA Finance sendiri, mengeluarkan beberapa syarat yang bisa diwakilkan, diantaranya sebagai berikut.

  • Surat kuasa pengambilan BPKB
  • KTP asli pemberi dan penerima kuasa
  • Bukti pembayaran terakhir
  • Surat keterangan dari kelurahan setempat jika alamat saat pengajuan kredit berbeda dengan alamat yang tercantum di KTP

Dan syarat pengambilan BPKB yang diwakilkan oleh FIF adalah :

  • Surat kuasa pengambilan BPKB
  • Bukti pembayaran terakhir
  • KTP pengambil BPKB
  • Fotokopi STNK atau pajak kendaraan
  • Fotokopi KTP pengambil BPKB

Syarat Pengambilan BPKB Kendaraan bermotor melalui Samsat:

  • Resi pengambilan BPKB
  • Fotokopi STNK baru
  • Fotokopi KTP pemilik kendaraan
  • Fotokopi KTP yang mengambil BPKB
  • Surat kuasa pengambilan BPKB
  • KTP asli

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Jika kalian sudah mengetahui beberapa syarat pengambilan BPKB tersebut, maka kalian bisa membuatnya secara langsung. Dan kami akan berikan beberapa Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB yang wajib diperhatikan. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Info Pemberi Kuasa

Tips pertama adalah informasi terkait pemberi kuasa. Dan pemberi kuasa ini merupakan seorang yang memiliki hak resmi tentang BPKB tersebut, dan akan melimpahkan kuasanya ke tangan orang lain untuk pengambilan BPKB ini. Informasi yang diberikan terkait nama, NIK KTP, domisili, alamat pemberi kuasanya.

Baca Juga :  Kode Top Up DANA Dari BCA, BRI, Mandiri, BNI, Dan Bank Lainnya

Info Penerima Kuasa

Dan sebaliknya, Info Penerima Kuasa merupakan hal yang sangat penting untuk bisa mengambil buku BPKB tersebut. Dan penerima kuasa lah yang akan mengambil dokumen milik pemberi kuasa tersebut. Beberapa data yang diperlukan sama seperti diatas, yakni nama, NIK KTP, domisili, dan alamat penerima kuasa.

Info Kendaraan

Dan terakhir yaitu mengenai informasi kendaraan yang tercantum pada surat kuasa pengambilan BPKB tersebut. Tentu saja info kendaraan ini meliputi jenis kendaraan, nomor kendaraan, warna kendaraan, nomor mesin dan lainnya. Terdapat pula informasi lainnya mengenai merk kendaraan, tahun kendaraan, nomor rangka, dan nomor po;isi.

Jika berhasil mengisi informasi pemberi kuasa, penerima kuasa dan beberapa informasi kendaraan dengan lengkap. Baik penerima atau pemberi kuasa wajib untuk mencantumkan tanda tangan pada surat pengambilan BPKB tersebut. Hal ini bisa membuktikan bahwa surat ini resmi dan bisa mengambil buku BPKB tersebut dengan mudah.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Kosong

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama     :

NIK         :

Alamat   :

Selanjutnya disebut Pemberi Kuasa

Memberikan kuasa penuh kepada:

Nama      :

NIK         :

Alamat   :

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa.

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa untuk mengambil BPKB atas nama (nama) atas kendaraan dengan rincian:

Jenis Kendaraan               :

Nomor Kendaraan           :

Warna Kendaraan            :

No. Mesin                          :

di (nama toko tempat membeli kendaraan) (nama kota) (alamat).

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

(kota), (tanggal).

Pemberi Kuasa,

(Nama Pemberi Kuasa)

Penerima Kuasa,

(Nama Penerima Kuasa)

Surat Pengambilan BPKB Mobil

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

NIK :

Alamat :

Selanjutnya disebut Pemberi Kuasa.

Baca Juga :  Kode Bank BNI dan Manfaat Kode Bank Untuk Kebutuhan Transfer

Memberikan kuasa penuh kepada:

Nama :

NIK :

Alamat :

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa.

Khusus

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa untuk mengambil BPKB mobil atas nama (nama yang memberi surat kuasa) atas kendaraan dengan rincian:

Jenis Kendaraan :

Nomer Kendaraan :

Warna Kendaraan :

No. Mesin :

Di Dealer Resmi Honda Kota Medan Jalan Belimbing Wuluh No. 123, Medan (contoh alamat)

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

(Kota), (tanggal)

Pemberi Kuasa,

tanda tangan dan materai

Penerima Kuasa,

tanda tangan dan materai

Penutup

Sekian ulasan mengenai Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB untuk bisa kalian coba membuatnya secara langsung. Perlu diketahui, bahwa terdapat beberapa syarat dan ketentuan untuk membuat surat kuasa ini. Dan semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk semuanya, sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!