Pura Segara Ulun Danu Batur, Harga Tiket, Lokasi & Fasilitas

MataramNews.co.id –  Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kalian temukan di Pulau Bali, pasalnya Bali juga di juluki sebagai surge dunia berkat pemandangannya yang sangat menakjubkan. Banyak sekali para pelancong dari dalam dan luar negeri yang turut menikmati layanan pariwisata di Pulau Dewata ini. Tidak hanya keindahan pantai saja yang didapatkan, melainkan keindahan gunung, pura, dan bangunan megah yang lainnya bisa kalian nikmati di Kota tersebut.

Membahas tentang Pura, kami akan merekomendasikan salah satu Pura yang banyak di kunjungi oleh kalangan wisatawan yaitu Pura Segara Ulun Danu Batur. Pura ini terletak di Kabupaten Bangli, dan di kelilingi pemendangan yang indah seperti danau dan pegunungan yang sejuk. Pura Segara Ulun Danu Batur termasuk Pura cantik yang bisa kalian kunjungi dan nikmati pesona nya. Selain itu, Bali juga sangat identik bangunan nya yang khas serta proses keagamaan yang bisa di lakukan secara rutin.

Pura Segara Ulun Danu Batur ini banyak di kunjungi oleh kalangan wisatawan baik dari dalam dan luar negeri. Kalian bisa mengunjungi beramai-ramai bersama teman dan lainnya. Maka dari itu, untuk kalian yang ingin mencari destinasi selain pantai, maka bisa mengunjungi bangunan Pura yang indah tersebut. Dan kami akan membahasnya lebih rinci tentang Pura Segara Ulun Danu Batur, simak ulasannya sebagai berikut.

Daya Tarik Wisata Pura Segara Ulun Danu Batur

Pura Segara Ulun Danu Batur

Pura Segara Ulun Danu Batur memiliki keindahan alam yang mampu memanjakan mata setiap pengunjung. Kalian bisa menemukan beragam spot yang bagus dan di abadikan dengan kamera yang kalian punya. Tentu saja, tempat wisata ini wajib masuk ke dalam daftar list kalian. Karena banyak sekali daya Tarik yang bisa kalian temukan didalam tempat tersebut.

Lantas daya Tarik apa saja yang ada di wisata Pura Segara Ulun Danu Batur? Dan untuk lebih jelasnya, silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

1. Bangunan Pura

Sesuai dengan namanya, para pengunjung akan disuguhkan dengan bangunan Pura yang khas dan membuat siapa pun menjadi terpana. Seperti yang kita ketahui, Bali memiliki banyak sekali jenis bangunan yang menawan dan kerap di jadikan tempat wisata. Kalian juga bisa menemukan banyak sekali wisata keagamaan didalamnya, seperti adanya Candi Bentar di Pura ini yang tepatnya di pinggir danau Batur.

Baca Juga :  Museum Subak Tabanan, Wisata Edukatif Irigasi Tradisional Bali

2. Danau Batur

Selain itu, kalian juga akan disuguhkan dengan pemandangan danau batur yang sangat menawan dan cantik. Danau ini sangat populer dan banyak di jelajahi oleh kalangan wisatawan lokal atau asing. Pasalnya, banyak sekali jenis danau yang bisa kalian temukan di Bali. Namun, danau batur sendiri sangat populer terlebih jika di sekelilingnya terdapat bangunan Pura serta candi yang membuat pemandangan menjadi lebih indah lagi.

3. Gunung Batur

Gunung Batur terletak di Pulau Bali, tepatnya di Kabupaten Bangli. Jika kalian mengunjungi Pura ini maka akan di sajikan dengan pemandangan gunung yang sangat indah dan menjulang tinggi. Hal ini menjadi ketertarikan tersendiri, dan salah satu alasan kenapa kalian wajib mengunjungi Pura tersebut. untuk kalian yang ingin mendapatkan spot foto terbaik, maka pastikan untuk mengunjungi tempat ini. Dan pastinya udara yang diberikan pun sangat segar, dan mampu membuat para wisatawan menjadi betah.

4. Sejarah

Perlu kalian ketahui, jika setiap bangunan memang memiliki banyak sejarah didalamnya. Hal ini juga berlaku untuk Pura Segara Ulun Danu Batur ini, yang tepat berada di kaki Gunung Batur yang sudah ada sejak abad 1- hingga abad 11 di jaman Empu Kutura. Tapi, di tahun 1917 terjadinya gunung meletus dan membuat bangunan menjadi rusak, termasuk Pura Hindu tersebut.

Dan di tahun 1926 Gunung batur kembali meletus dan mengakibatkan kerusakan yang sangat parah. Dan setelah dua kali mengalami letusan terdapat pada Pura yang tidak mengalami kerusakan sedikitpun tepatnya di tempat Pemujaan (Pelinggih). Pasalnya, tempat ini merupakan pemujaan pada Dewi Danu atau Dewi Air Danau dan membuat masyarakat setempat berusahan untuk mengembalikan Pura tersebut.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi Pura Segara Ulun Danu Batur

Pura Segara Ulun Danu Batur

Bagi kalian yang tertarik ingin mengunjungi tempat wisata tersebut, maka bisa catat alamat lengkap nya terlebih dahulu. Pasalnya, Pura Segara Ulun Danu Batur berlokasi di Kabupaten Bangli, Desa Batur Tengah, Provinsi Bali, Kecamatan Kintamani, Jl. Pendakian Gunung Batur. Banyak sekali akses yang dapat dilakukan agar bisa sampai ke tempat tersebut. Seperti menggunakan rute jalan dari Bandara Ngurah Rai Bali dan masuk ke Jl. Tol Bali Mandara.

Baca Juga :  Tempat Rekreasi Alun Alun Probolinggo Lokasi, Fasilitas dan Harga

Dan jika kalian masu ke jalan tol ini, silahkan ambil jalan keluar dan masuk ke Denpasar atau Sanur. Kemudian mausk lagi ke jalan Raya Pelabuhan Benoa. Kalian bisa mengikuti jalan ini hingga menemukan perempatan Terminal Sanggaran, dan belok ke kanan lalu masuk ke jalan Bypass Ngurah Rai. Silahkan jalan hingga menemukan pertigaan Taman Gong Perdamaian Kertalangu.

Melalui Taman Gong Perdamaian Kertalangu, kalian bisa masuk ke Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra dan ada pertigaan dekat Gili Transfer Meeting Point. Kalian bisa belok ke kiri agar bisa masuk ke Jalan Point. Setelah itu, kalian bisa belok ke kiri dan masuk lagi ke Jalan Banjar Siyut lalu masuk ke Jalan Raya Tulikup. Setelah itu, aka nada pertigaan dekat Lapangan Olahraga, silahkan belok kanan ke pertigaan tersebut.

Kalian bisa masuk ke jalan raya Kembengen dan masuk lagi ke Jalan Merdeka, kemudian Jalan Brigjen Ngurai Rai dan terdapat pertigaan alun-alun Bangli. Kalian bisa belok ke kanan pada pertigaan untuk bisa masuk ke Jalan Lettu Kanten. Belok ke kiri pada pertigaan, dan kalian bisa masuk ke Jalan Merdeka. Silahkan lurus hingga menemukan jalan Nusantara. Terdapat Meseum Geopark Batur pada pertigaan, silahkan belok ke kanan agar bisa masuk ke jalan Windusara lalu terdapat pertigaan dekat Indomaret.

Lalu belok ke kiri agar bisa masuk ke Jalan Kedisian dan jalan pendaki gunung batur. Dan dijalan ini kalian bisa menemukan  Pura Segara Ulun Danu Batur tersebut yang terletak di kanan jalan. Dengan menggunakan rute ini perjalanan memakan waktu 1 jam dan 50 menit atau setara dengan 76 KM.

Harga Tiket Masuk Pura Segara Ulun Danu Batur

Hal yang harus kalian perhatikan selanjutnya adalah mengenai Harga Tiket Masuk Pura Segara Ulun Danu Batur yang ditawarkan di lokasi wisata tersebut. untuk biaya masuk per orang sebesar Rp 20.000 sampai Rp 50.000. Dan perlu kalian ketahui, untuk masuk ke Pura ini kalian wajib menggunakan kain yang akan di ikatkan ke pinggang. Dan wisata ini mulai beroperasi pada jam 08.00 sampai 18.00 WITA setiap hari.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Kalian bisa menemukan banyak sekali Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan ditempat wisata tersebut. Tentu saja sebagai pelancong, kita wajib untuk mendapatkan semua banyak aktivitas di tempat lokasi. Kalian bisa melakukan banyak hal secara bebas, selama tidak merusak fasilitas yang diberikan. Lantas apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Pura ini? Simak selengkapnya sebagai berikut.

Baca Juga :  8 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits Dan Instagramable 2022

Foto

Tentu saja lokasi ini sangat pas sekali untuk mengabadikan momen, banyak sekali spot foto yang bisa di temukan. Seperti Pura yang indah, danau yang jernih dan luas hingga gunung Batur yang sangat sejuk dan membuat siapa pun merasa nyaman. Di tambah, hembusan angin yang sepoi-sepoi serta cuaca langit yang cerah membuat aktivitas menjadi seru lagi ketika dilakukan. Jadi, kalian bisa menjepret semua pemandangan yang ada di tempat tersebut.

Mengelilingi Pura

Para wisatawan juga bisa Mengelilingi Pura yang indah ke berbagai sisi secara bebas. Pasalnya, aktivitas ini juga sangat populer karena banyak dilakukan oleh mereka. Kalian bisa mengabadikan momen di bangunan ini, dan banyak sekali hal unik yang dapat kalian temukan didalamnya.

Ibadah

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Pura ini merupakan tempat Ibadah umat Hindu. Untuk kalian yang beragama Hindu, maka bisa melakukan ibadah di tempat tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa Bali sangat identik dengan tempat wisata dan aktivitas keagamaan. Dan di Pura Segara Ulun Danu Batur ini kalian bisa mendapatkan keduanya.

Menikmati Pemandangan Alam Sekitar

Selain pura yang cantik kalian bisa menikmati pemandangan alam sekitar lainnya. Dan termasuk paket lengkap yang bisa kalian temukan di tempat wisata ini. Seperti danau dan gunung batur yang sangat memukau. Membuat siapa saja menjadi betah dan terpana dengan keindahan alam yang diberikan tersebut.

Fasilitas Penunjang di Pura Segara Ulun Danu Batur

Tentu saja kalian bisa menemukan banyak sekali aktivitas didalam Pura Segara Ulun Danu Batur ini. Dan sangat menunjang kebutuhan para wisatawan yang berdatangan. Dan untuk mengetahuinya lebih detail kalian bisa melihat daftar listnya di bawah ini.

  • Tempat parkir yang sangat luas
  • Warung makan dan minum
  • Toilet
  • Tempat oleh-oleh yang relative murah
  • Tempat keagamaan Hindu
  • DLL

Dan itulah beberapa fasilitas yang bisa kalian dapatkan di tempat wisata pura tersebut. Dan untuk kalian yang ingin berkunjung ke tempat ini baik dari jauh dan dekat maka bisa mengunjunginya dengan mudah. Tentu saja diperlukan budget yang mahal, namun semua akan sebanding dengan keindahan yang diberikan oleh Pura Segara Ulun Danu Batur.

Penutup

Demikian ulasan mengenai Pura Segara Ulun Danu Batur yang dapat kalian kunjungi. Silahkan atur jadwal dan budget nya terlebih dahulu untuk bisa mengunjungi lokasi wisata tersebut. Dan semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!