10 Tempat Wisata di Garut yang Recommended Buat Solo Traveling

Liburan nggak melulu harus ke Bali atau Lombok. Anda yang ingin menghemat biaya bisa mencoba tempat yang anti mainstream. Yuk, simak ulasan menarik mengenai 10 tempat wisata di Garut yang recommended.

Rekomendasi Tempat Wisata di Garut

Berbicara mengenai wisata, pasti yang terkenal memang tempat-tempat seperti Bali dan Lombok. Bahkan, kedua tempat ini ibarat menjadi favorit para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Tapi, tahukah Anda bahwa ada sebuah kota yang keindahannya tidak kalah dari mereka?

Ya, Garut menjadi salah satu kabupaten yang bisa Anda tambahkan ke dalam list wisata. Tidak percaya? Coba saja datangi daerah yang letaknya tidak jauh dari Kota Kembang tersebut.

Anda pasti akan dibuat terkesima dengan keragaman wisatanya. Mulai dari wisata air panas, wisata gunung / kawah, hingga wisata buatan pun ada disana. Maka tidak heran, kabupaten ini menjadi langganan tempat beristirahat pejabat-pejabat Era Kolonial.

Selain indah, Garut sangat mudah diakses. Dari Bandung, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 2 jam saja. Tentunya, kabupaten ini bisa dijangkau dengan mengendarai angkot, bus, hingga kendaraan-kendaraan pribadi kesayangan Anda.

Menyinggung soal rekomendasi tempat wisata di Garut, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak kok tempat yang bisa Anda jadikan wishing list berwisata. Kira-kira mana saja ya?

Wisata Cipanas

Rekomendasi pertama untuk tempat wisata di Kota Penghasil Dodol adalah Wisata Cipanas. Daerah ini dikenal memiliki tempat pemandian air panas yang alami. Dijamin, berendam dengan air dari Gunung Guntur ini dapat menghilangkan penat.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa berenang dan bermain ala water boom disana. Pasalnya, tempat wisata ini memang menyediakan beragam fasilitas. Bahkan, hotel pun juga ada disana lho.

Baca Juga :  Keindahan Curug Dago Bandung, Air Terjun & Prasasti Raja Thailand

Kawah Talaga Bodas

Rekomendasi selanjutnya untuk tempat wisata di Garut adalah Kawah Talaga Bodas. Di kawah ini, Anda bisa duduk bersantai menikmati keindahan bekas letusan Gunung Talaga Bodas. Bisa juga, Anda hiking atau tracking disana.

Berada di Kecamatan Wanaraja, tempat wisata ini cukup mudah diakses. Disana juga banyak penjaja makanan. Dijamin, Anda yang sedang solo traveling tidak akan kelaparan deh.

Tentunya, Anda perlu memperhatikan safety. Lantaran berada di pegunungan, maka Anda wajib mengenakan pakaian mendaki yang lengkap. Apa Anda sudah siapkan?

Kompleks Wisata Darajat

Rindu berwisata di tempat yang penuh suasana perbukitan? Latar belakangnya mungkin pepohonan hijau? Lalu, terdengar sayup-sayup suara khas pedesaan?

Nah, wisata di Darajat juga bisa menjadi tempat rekomendasi selanjutnya. Pasalnya, lokasi daerah ini tidak jauh dari pusat kota Garut. Selain itu, akses jalannya juga mudah dijangkau.

Disana, Anda bisa menikmati berendam air panas. Kabut dingin yang menyelimuti daerah wisata ini juga menambah kesyahduan. Tidak lupa, Anda juga akan disuguhi pemandangan hijau perbukitan.

Karacak Valley

Kadang kala, wisata yang lama ada memang membuat ‘bosan’. Kita perlu sesuatu yang fresh dan belum banyak dikunjungi. Di Garut ada nggak ya?

Meski masih baru, namun Karacak Valley cukup viral dan hits lho di kalangan pelancong. Hal ini karena memang tempatnya yang instagramable dan kekinian. Selain itu, ada banyak wisata menarik disana.

Tidak hanya berfoto di hutan pinusnya, Anda juga bisa mencoba menjadi pemetik kopi. Anda pun bisa menikmati banyak sajian menarik di salah satu penjual makanan disana. Dijamin, effort yang Anda keluarkan untuk sampai di wisata ini tidak akan sia-sia deh.

Kolong Langit Cilawu

Rekomendasi kelima untuk tempat wisata Garut adalah Kolong Langit Cilawu. Anda gampang banget untuk sampai di lokasi wisata ini. Pasalnya, letak Kolong Langit Cilawu ini tidak jauh dari pusat kota.

Baca Juga :  Museum Subak Tabanan, Wisata Edukatif Irigasi Tradisional Bali

Disana, Anda bisa menikmati pemandangan asri. Termasuk salah satu wisata alam yang baru, Kolong Langit Cilawu rupanya tengah hits lho. Tidak heran, ada banyak pengunjung muda-mudi yang akan Anda temui kala bersantai disana.

Tentunya, wisata ini cocok banget untuk Anda yang hobi fotografi. Datang saat suasana sunset, dijamin deh. Hasil foto Anda akan mengundang decak kagum.

Situ Bagendit

Siapa yang tidak kenal dengan Situ Bagendit? Nah, Anda bisa banget mengunjungi tempat wisata populer ini di Kecamatan Banyuresmi. Disana, Anda bisa berkeliling danau hingga bermain banyak wahana.

Biasanya, perahu kayuh menjadi favorit para wisatawan. Lokasinya pun tidak sulit dijangkau. Cukup mengendarai angkot / bus, Anda sudah bisa tiba dan berwisata di danau yang juga menjadi kisah rakyat ini.

Tentunya Anda pernah mendengar cerita rakyat mengenai asal muasal Situ Bagendit? Percaya atau tidak, tidak ada salahnya main kesana, bukan?

Kawah Kamojang

Rekomendasi berikutnya untuk tempat wisata Garut adalah Kawah Kamojang. Menjadi wisata alam alternatif, rupanya kawah ini ada di perbatasan antara Garut dan Bandung. Tidak heran, ada banyak tempat wisata menarik lainnya di sekitar kawah ini.

Selepas menikmati kolam air panas disana, Anda bisa bertandang ke Kebun Mawar Situhapa. Bisa juga, Anda bertandang ke Kampung Sampireun. Pasalnya, kedua wisata ini masih berada di satu jalur lho dengan Kawah Kamojang.

Tentunya, keindahan Kebun Mawar Situhapa dan Kampung Sampireun tidak kalah. Bahkan, ketiganya kerap menjadi favorit para wisatawan. Hmm, penasaran seperti apa indahnya?

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Anda ingin wisata dimana tidak cuma satu, tapi ada dua tempat wisata? Maka, Candi Cangkuang dan Kampung Pulo jawabannya. Terletak di Kecamatan Leles, kedua tempat wisata ini berada tidak jauh dari Jalan Raya.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata di Jakarta Paling Hits Dan Instagrammable 2022

Selama ini, wisata di Candi Cangkuang sudah menjadi banyak wishing list pelancong. Apalagi mereka yang penyuka sejarah.

Di lokasi wisata ini, Anda bisa menyaksikan sebuah Situ atau danau kecil. Disana, Anda juga bisa melihat-lihat ke kampung adat yang ada di pinggiran candi. Inilah mengapa, Candi Cangkuang dan Kampung Pulo jadi satu kesatuan.

Curug Orok

Anda ingin berwisata ke lokasi yang cukup jauh? Anda bisa datang ke Curug Orok. Penasaran seperti apa sih wisata disana?

Boleh dibilang, Curug Orok adalah salah satu wisata alam terbaik di Garut. Memang, cukup membutuhkan effort lebih. Sebut saja, Anda harus melewati Garut – Bayongbong – Cikajang – Bungbulang.

Selain berwisata disini, Anda juga bisa mampir ke Curug Sanghyang Taraje. Pasalnya, kedua lokasi ini masih berada di satu jalur. Dengan bantuan Google Map, dijamin Anda yang solo traveling pun bisa dengan mudah menemukannya.

Kawah Papandayan

Rekomendasi terakhir untuk tempat wisata di Garut adalah Kawah Papandayan. Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak sebagus apa suasananya. Ya, bagaimana tidak, kawah ini berada di kompleks Gunung Papandayan lho.

Disana, Anda bisa menikmati keindahan wisata alam yang luar biasa Maha Agungnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mampir ke beberapa lokasi wisata lainnya disana. Sebut saja, Padang Edelweiss Tegal Alun, Tebing Sunries Papandayan, dan lainnya.

Tidak lupa, senantiasa baca panduan wisata lengkap di internet kemanapun Anda berjalan. Pastikan juga Anda selalu dalam keadaan aman dan nyaman. Anda yang Solo Traveling wajib banget datang ke tempat ini.

Demikian ulasan menarik mengenai 10 tempat wisata di Garut yang recommended. Dijamin nggak menyesal deh. Nah, semoga ulasannya bermanfaat dan bisa jadi inspirasi Anda ya.

error: Content is protected !!