Syarat & Cara Daftar Tiktok Affiliate Tanpa Minimal Followers Terbaru 2022

Roomen August 31, 2023

MataramNews.co.id – Cara daftar Tiktok affiliate menjadi pertanyaan yang umum didengar saat ini. Bagaimana tidak, kamu bisa mendapatkan uang dari program yang baru dirilis oleh media sosial platform video pendek tersebut.

Apalagi jika di dalam program tersebut, kamu juga bisa menjual produk sendiri sehingga lebih besar kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

Tiktok merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan di penjuru dunia. Di Indonesia, media sosial tersebut memiliki jumlah pengguna lebih dari puluhan juta.

Jika di total pengguna dari seluruh penjuru dunia, jumlahnya lebih dari 100 juta download melalui data Playstore.

Banyaknya total unduhan bukan tanpa sebab, salah satunya adalah bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan.

Jika dulu aplikasi dengan rating 4.6 bintang ini hanya bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari konten video yang di upload, atau bagi audience harus memperbanyak nonton video, kali ini ada lagi dengan program affiliate nya.

Review Program Tiktok Affiliate

Cara Daftar Tiktok Affiliate

Sebelum mengetahui bagaimana cara daftar Tiktok affiliate, kita cari dulu apa yang dimaksud dengan program tersebut.

Affiliate merupakan salah satu sistem penjualan yang tidak menghauskan membeli produk terlebih dahulu. Sebagai gantinya, kamu harus menjualkan produk orang lain untuk mendapatkan keuntungan.

Keuntungan dari program ini adalah tidak harus memiliki modal untuk berjualan. Selain itu, tidak juga harus memiliki produk tertentu.

Menariknya, kamu bebas memilih produk orang lain sesuai dengan keinginan. Cukup dengan mempromosikan produk mereka, kamu akan mendapatkan keuntungan jika ada yang terjual.

Rata-rata sistem yang digunakan adalah affiliate link. Artinya, konsumen harus membeli sebuah produk yang ditawarkan melalui link yang diberikan.

Jika tidak, maka kamu tidak bisa mendapatkan keuntungan apapun. Besar kecilnya komisi tergantung dari kesepakatan awal, kebanyakan antara 20% – 40%.

Syarat Daftar Tiktok Affiliate

Supaya cara daftar Tiktok affiliate berhasil dan mendapatkan komisi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Syarat ini mutlak dan tidak bisa ditawar dengan alasan apapun. Syarat pertama adalah harus mempunyai akun Tiktok Shop, sedangkan yang kedua harus memiliki rekening Bank aktif.

Sebagaimana diketahui bahwa program affiliate termasuk salah satu bentuk marketing, maka akun Tiktok Shop menjadi wajib.

Sederhananya, kamu harus mempuyai toko terlebih sebelum berjualan, paling tidak adalah lapak jualan.

Untuk rekening Bank digunakan ketika kamu berhasil melakukan penjualan dan mendapatkan komisi.

Selain kedua syarat diatas, jumlah follower juga termasuk salah satunya. Hanya saja kali tidak ada jumlah mutlak agar disetujui. Selain itu, syarat ini bukan berasal dari pihak manajemen Tiktok, melainkan pemilik produk.

Semakin banyak jumlah follower yang dimiliki, semakin besar kemungkinan pemilik produk menyetujui permintaan bergabung menjadi anggotanya.

Namun bukan berarti akun dengan sedikit pengikut tidak mempunyai peluang, bisa jadi ada pertimbangan lain dari pemilik produk.

Cara Membuat Akun TikTok Shop

Dikatakan tadi bahwa syarat utama sebagai cara daftar Tiktok affiliate untuk mendapatkan keuntungan adalah mempunyai akun Tiktok Shop.

Mungkin kamu masih belum mengetahui bagaimana cara membuat akun Tiktok Shop. Pada kesempatan kali ini, kami berikan tutorial mudah bagi kamu yang belum mengetahui caranya.

  1. Buka browser kamu, bisa melalui HP atau laptop.
  2. Kunjungi https://seller-id.tiktok.com/account/welcome.
  3. Klik ‘Sign up with TikTok Account’ untuk mendaftar.
  4. Pada halaman baru yang muncul, pilih salah satu metode untuk login.
  5. Setelah berhasil masuk, izinkan semua akses yang diminta untuk ‘Authorize TikTok Shop’.
  6. Klik ‘Authorized’ untuk konfirmasi persetujuan.
  7. Masukkan nomor HP dan email ketika masuk ke halaman ‘Verify Contact Informasi’ sebagai verifikasi.
  8. Jika sudah yakin benar, silahkan klik ‘next’.
  9. Silahkan isi alamat atau pengambilan barang pada pesan pop up yang muncul.
  10. Klik ‘Start Your Business’ untuk memulai langkah selanjutnya.
  11. Di bagian ‘TikTok Shop’, masukkan dokumen penting yang diperlukan, bisa KTP, SIM, atau Paspor.
  12. Tekan ‘Submit’ jika proses upload selesai.
  13. Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi akun Bank atau rekening. Pastikan proses ini sesuai dengan identitas jika tidak ingin mengalami kerugian.
  14. Pilih ‘submit’ sekali lagi yang terletak di bagian bawah.
  15. Proses pendaftaran akun Tiktok Shop sudah selesai, selanjutnya hanya menunggu persetujuan dari pihak Tiktok yang dikirim melalui email.

Cara Daftar Tiktok Affiliate

Setelah mempunyai akun Tiktok Shop, langkah selanjutnya adalah pembahasan utama kita kali ini, yaitu cara daftar Tiktok affiliate.  Sebenarnya tidak terlalu sulit jika dibandingkan dengan membuat akun Tiktok Shop diatas.

Hal tersebut dikarenakan kamu sudah familiar dengan tampilan dari aplikasi tersebut. Pastikan telah menggunakan aplikasi Tiktok terbaru karena fitur ini tidak ditemukan di versi lama. Jika sudah, silahkan ikuti langkah berikut untuk kelanjutannya!

  1. Buka aplikasi Tiktok, lanjutkan dengan login sesuai dengan akun Tiktok Shop yang baru dibuat.
  2. Klik ‘profil’ pada halaman utama yang muncul.
  3. Di halaman profil, klik menu ‘shop’ dengan ikon keranjang.
  4. Lanjutkan dengan masuk ke menu ‘Pusat kreator e-commerce’.
  5. Di halaman tersebut, klik atau tekan ‘komisi’.
  6. Ketika muncul pop kup dengan judul ‘Dapatkan Komisi’, pilih opsi yang paling atas, yaitu ‘Tambahkan Produk’.
  7. Isi nama depan dan belakang sesuai data diri.
  8. Pastikan nama yang dimasukkan benar, kemudian klik ‘kirim’.
  9. Jika ada pesan ‘Congratulation You can start selling affiliate products’, artinya proses pendaftaran berhasil.
  10. Lanjutkan dengan mulai mempromosikan produk yang diinginkan dengan klik ‘Add Affiliate products’.
  11. Cari produk yang ingin kamu jual.
  12. Tunggu proses persetujuan dari pihak pemilik produk.
  13. Jika sudah disetujui, kamu tinggal melanjutkan proses yang akan berikan detail nantinya.

Tips Daftar Tiktok Affiliate

Setelah mengetahui berbagai hal penting mengenai cara daftar Tiktok affiliate diatas, ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa tips yang akan kami berikan berikut.

Tujuan utama dari mengikuti program baru ini adalah untuk mendapatkan keuntungan. Jadi hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih produk dengan persentase bagi hasil yang tinggi.

Seperti yang diketahui, tidak semua pemilik produk memberikan share tinggi pada seller nya. Coba kamu bandingkan sebelum memilih salah satu produk untuk dipromosikan. Selain itu, pastikan memilih produk yang dikuasai atau dipahami.

Mengingat konten promosi yang akan dilakukan berupa video, jadi supaya tidak canggung di depan kamera.

Selanjutnya, kamu bisa memilih produk yang sedang hits atau laris. Setiap barang ada masa nya masing-masing.

Sebagai contoh adalah produk elektronik yang terus berganti dengan produk keluaran baru. Jika kamu tidak update dalam menjual produk, kemungkinan terjual akan lebih kecil.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai cara daftar Tiktok affiliate beserta tips yang bisa kamu coba. Tingkat keberhasilan sangat ditentukan oleh konten yang dibuat, yakni video.

Maka dari itu, buatlah yang sangat menarik dan membuat penasaran. Jangan lupa sebutkan apa saja kelebihannya untuk memberikan daya tarik bagi calon konsumen.