Masyarakat Diingatkan Tidak Buang Sampah Di Kali

MATARAMnews – Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana  juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan saluran dan kali dengan tidak membuang sampah. Sebab hal itu bisa berakibat fatal, salah satunya akan terjadi genangan bahkan banjir. “Mari kita sama-sama menjaga kebersihan kali,” ingatnya disela-sela melakukan peninjauan normalisasi dan penalutan Kali Brenyok di Lingkungan Bebidas, Kelurahan Pagesangan Kota Mataram, yang didampingi Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) H. Marzuki Sahaz beserta camat lurah setempat, Selasa (4/10/2011).

{xtypo_info}FOTO: Walkil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, saat meninjau normalisasi dan penalutan Kali Brenyok Ling. Bebidas{/xtypo_info}

Dalam kesempatan itu Wakil Walikota menyampaikan rasa syukur atas partisipasi masyarakat yang cukup tinggi dalam melakukan kegiatan normalisasi dan penalutan Kali Brenyok. “Dengan dilibatkannya masyarakat, maka masyarakat akan lebih bertanggung jawab terhadap fasilitas yang telah dibangun, begitu sebalinya,” katanya.

Beliau juga berharap jika program ini dinilai berhasil, Pemkot Mataram akan berusaha menularkan program tersebut ke lingkungan-lingkungan lainnya, tentunya dengan pengalokasikan dana dari APBD Kota Mataram,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinsosnakertrans H. Marzuki Sahaz memaparkan, kegiatan  normalisasi dan penalutan Kali Breyok dengan panjang sekitar 1.500 meter dan lebar 2,5 meter tersebut dikerjakan dengan pola padat karya selama 25 hari. Dengan mempekerjakan 88 orang pekerja yang berasal dari warga setempat, dengan anggaran Rp89 juta lebih untuk dua Lingkungan yakni Lingkungan Bebidas dan Pagutan Barat. Anggaran itu terbagi menjadi dua yakni Rp64 juta untuk padat karya dan Rp25 juta untuk penalutan yang bersumber dari APBN. “Sedimen dan sampah yang sudah behasil diangkut sampai saat ini mencapai 1.500 meter kwibik,” kata.

(Rilis Humas Pemkot Mataram: Nir/Dedy foto)

Bagikan :