Ini Cara BPJS Ketenagakerjaan NTB Hadapi Tantangan Era Digital

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB, Sony Suharsono

MN, MATARAM — Dunia kini tengah berada di era digital, di masa globalisasi, dimana semuanya serba tanpa batas. Seluruh informasi bisa diakses tanpa batas.

Saat ini arus informasi yang begitu luasnya beredar di dunia. Semua orang kini dengan mudah dapat mengakses informasi apa saja hanya lewat genggaman tangannya via samrtphone.

Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB, Sony Suharsono, di era digitalisasi saat ini lah tantangan pihaknya untuk menjaga agar masyarakat tidak salah mengonsumsi informasi mengenai BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami ingin masyarakat mendapat pengetahuan tentang BPJS Ketenagakerjaan yang baik, valid, dan terpercaya, sebab tujuan dari institusi ini tidak lain adalah kesejahteraan rakyat,” ucap Sony di Mataram, Minggu (3/2/2019).

Kesejahteraan yang seperti apa, tanya dia. Kesejahteraan itu yakni kesejahteraan dimana terjaminnya perlindungan bagi seluruh pekerja dan keluarganya dari resiko sosial ekonomi yang menghantui.

Maka dari itu, menurutnya, penyampaian informasi tentang BPJS ketenagakerjaan senantiasa di jaga agar selalu baik, tepat sasaran, akurat, dan memberikan manfaat bagi orang banyak.

Di sisi lain terjaga kerahasiaan dan kredibilitas dari informasi itu sendiri, sebab beberapa informasi yang BPJS Ketenagakerjaan kelola adalah sifatnya confidential dari peserta.

“Informasi tentang BPJS ketenagakerjaan selalu mudah diakses setiap waktu selama 24 jam melalui berbagai kanal seperti misalnya datang langsung ke kantor kantor terrdekat, menginstal aplikasi BPJSTKU, mengunjungi website atau akun sosial media resmi BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan tim kami siap dhubungi kapan saja jika memang dibutuhkan,” terangnya.

BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum public yang mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Poin utama lain yang selalu dijaga adalah bagaimana senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada siapa saja.Sebaik baik nya agar selalu nyaman tempat dan ramah orang2nya, kemudian mudah, cepat, dan berkesan positif.

Maka dalam memberikan pelayanan BPjS Ketenagakerjaan menjalankan program pick up service dimana mendatangi langsung ke para peserta yang hendak melakukan klaim tapi kondisinya belum memungkinkan.

Jaminan sosial sangat penting dimiliki oleh seluruh pekerja Indonesia Karena risiko sosial ekonomi itu bisa terjadi kepada siapa saja, di mana saja dan terhadap siapa saja. Risiko sosial ekonomi itu seperti kecelakaan dan kematian juga hilangnya penghasilan karena hari tua atau pemutusan hubungan kerja, sehingga perlu ada satu alat pengaman, supaya kalau terjadi risiko sosial ekonomi tadi tidak akan mengganggu kesejahteraannya secara drastis.

“Pemerintah menjamin hal ini lewat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sebagaimana amanat undang-undang yang difasilitasi oleh BPJS ketenagakerjaan dengan 4 programnya yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun. Namun di tengah-tengah masyarakat masih banyak yang tidak tahu mengenai BPJS Ketenagakerjaan dan program-program perlindungannya tersebut,” pungkasnya. (mn-07)

Bagikan :