Lombok Utara Restorasi Kearsipan Pasca Gempa

MN, KLU – Pemkab Lombok Utara menggelar pelatihan Pembangunan Data Base Kearsipan. Diikuti 30 orang peserta, terdiri dari unsur perwakilan dari semua SKPD lingkup Pemda Lombok Utara.

Pelatihan yang digelar, pada Rabu (27/2/2019) tersebut dibuka Asisten III yang membidangi Administrasi Umum Ir. Melta mewakili Bupati Lombok Utara. Pelatihan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi NTB Dr. Manggaukang Raba.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lalu Mustain mengatakan bahwa dilandasi Undang-Undang Kearsipan nomor 7 tahun 1971 dan Undang-Undang nomor 43 tahun 2009, diperlukan restorasi kearsipan pascagempa.

“Bagaimana kita merawat kembali arsip yang telah rusak. Harapannya, dengan adanya pelatihan tersebut dapat memberikan manfaat terhadap peningkatan keterampilan, profesional dalam pengelolaan kearsipan yang lebih baik,” jelasnya.

Dalam menindaklanjuti sistem informasi dan kearsipan daerah yang berkualitas, lanjutnya, diperlukan sumber daya yang memadai, agar relevan dengan perkembangan kearsipan yang lebih modern saat ini.

Karena itu, mewakili Bupati Lombok Utara, Asisten Administrasi Umum Ir. H. Melta menyampaikan bahwa kalau ingin berkembang pada masa datang, maka cintailah perpustakaan dan kearsipan.

“Dengan adanya pelatihan kegiatan ini, setelah gempa dapat tertata lagi sehingga dokumen yang berkaitan dengan kearsipan dapat dirawat,” ujarnya.

—(mn-07)