Loteng, MataramNews – Akibat cuaca buruk yang menimpa NTB dan hampir diseluruh wilayah di Indonesia, mengakibatkan banyaknya pohon-pohon dan papan reklame tumbang, seperti yang terjadi diwilayah Praya Lombok tengah (Loteng).

Angin yang cukup kencang hingga membuat pepohonan yang ada dikota Peraya banyak yang tumbang, kondisi ini terlihat di jalan rinjani lingkungan kauman Praya dan beberapa tempat lainnya. Sedangkan dibeberapa sudut kota Praya terlihat papan reklame yang berdiri kokoh tumbang akibat angin kencang.

Terlihat digerbang masuk kota Praya tepatanya papan reklame yang berada didekat pembangunan IPDN Loteng. Bahkan sepanjang jalan terlihat berserakan daun dan ranting berjatuhan akibat angin kencang yang melanda kota peraya, rabu 25/1/2012.

Salah seorang pengguna jalan Andi mengatakan, harus berhati-hati kalau mengendarai motor karena takut tertimpa pepohonan yang tumbang, sedangkan dipinggir jalan banyak pohon-pohon yang sudah tua. “Harapan kami agar pohon-pohon yang sudah tua harus di tebang dari pada nanti akan menimpa para pengguna jalan.” Pintanya.

Aula terbuka YPP NW Puyung terlihat roboh akibat kerasnya angin, bahkan kayu-kayu penyangga yang digunakan juga patah, atapnya yang menggunakan seng juga terlihat ada yang diterbangkan angin dan sangat berbahaya.

Ketua YPP NW Puyung Drs. Supardi mengatakan “Dulu aula terbuka ini sering digunakan maulana syekh TGKH. Zainuddin Abdul Majid pada saat menyampaikan pengajian umum kepada jamaah, jadi tempat ini memiliki sejarah tersendiri. Kalaupun ada yang rusak kami hanya perbaiki saja, ungkapnya.

“Kejadian robohnya aula, selama ini belum pernah terjadi. Pada saat kami diberitahu kami langsung datang melihat kondisinya, kami hawatir atap-atap dan lainnya akan hilang sehingga kami mengawasi aula yang roboh ini, sebelum diperbaiki lagi,” ungkpanya Supardi.

Melihat kondisi aula tersebut yang roboh akibat angin cukup keras, diperkirakan waktu lama untuk bisa berdiri lagi, karena tiang penyangga dan atapnya yang harus di ganti atau dibikin ulang.