BKM Subulussalam Minta KSM Lebih Serius Lagi di BLM Mendatang

Lalu Irfan Sukri SH Koordinator BKM Subulussalam

Lotim, MataramNews – Semenjak bergulirnya PNPM Mandiri di desa Kotaraja, kecamatan Sikur Lombok Timur (Lotim), banyak hal yang menjadi prioritas ataupun fokus pelaksanaannya kegiatan PNPM. Adapun bidang-bidang tersebut antara lain, bedah rumah, fisik, lingkungan dan pelatihan-pelatihan yang bertujuan meningkatkan skill dan kreatifitas masyarakat, ungkap Lalu Irfan Sukri SH Koordinator BKM Subulussalam, kepada wartawan MataramNews di kediamannya, Kamis (26/1).

Menurutnya, kemajuan yang dicapai saat ini, tidak lepas dari peranan aktif dari semua fihak, baik anggota BKM, KSM dan masyarakat itu sendiri. Kotaraja dengan jumlah 10 KSM dari 10 dusun, sangat perlu untuk dibekali dengan pembimbingan yang lebih khusus, terutama dalam mengatur dan melaksanakan segala bentuk urusan administrasi, agar hal-hal semacam itu tidak mengganggu kinerja KSM itu sendiri.

Saat ini, BKM Subulussalam, sedang mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya BLM baru 2012. Oleh sebab itu, BKM melakukan evaluasi ulang semua hal-hal yang dianggap belum rampung, baik administrasi, keuangan, program kerja, ataupun kelembagaan, sehingga untuk ke depannya, BKM akan lebih aktif dan dapat lebih meningkatkan mutu kinerja kepada masyarakat sekitar.

Terkait dengan akan segera dilaksankannya review kelembagaan, sangat diharapkan juga kualitas dan kuantitas anggota BKM dan KSM lebih diarahkan ke keterbukaan dan akuntabilitas kepada masyarakat, papar Koordinator BKM Subulussalam.