Program Unggulan, Gubernur NTB Tekankan SKPD Tingkatkan Pengawasan

Gubernur NTB, DR. TGH. M. Zainul Majdi, MA

MATARAM, MataramNews – Gubernur NTB, DR. TGH. M. Zainul Majdi, MA, menekankan kepada seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB untuk meningkatkan alur koordinasi, kepemimpinan dan pengawasan di internal masing-masing SKPD terhadap seluruh program unggulan yang saat ini tengah di jalankan.     

“Dari hasil evaluasi 2011 saya menekankan pentingnya koordinasi, leader ship, pengawasan internal SKPD agar fokus terhadap pencapaian program unggulan. Jadi masing-masing SKPD diminta kontribusinya kepada program unggulan,”tegasnya, seusai rapat pimpinan (Rapim) Pemprov NTB, di kantor Gubernur NTB, Senin (30/1).

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan ada beberapa isu di tahun 2012 yang akan menjadi perhatian di nasional dan daerah, yakni stabilitas, kebutuhan dasar harga bahan pokok khususnya beras, termasuk semen.

“Pokoknya komoditas yang membetuk inflasi agar dinas terkait turun ke lapangan tidak hanya menerima data sepihak atau instansi lain sehingga tidak terjadi kenaikan harga yang tidak masuk akal kelangkaan bahan penting yang tidak masuk akal,”ujarnya.

Kemudian isu terkait lapangan kerja, dimana saat ini tingkat pengangguran di NTB sudah pada posisi 5,53 persen pada tahun 2012. Selanjutnya, isu tata kelola pemerintahan baik provinsi, kabupaten dan kota.

“Berbagai isu yang mengemuka di media terkait kasus hukum meski tidak terjadi di Pemprov tetapi terjadi di kabupaten. Kendati tidak terjadi di Pemprov  segala prioritas yang terjadi dengan regulasi dan jangan sampai terjadi penyimpangan di SKPD harus ditata dengan baik jangan sampai pintu penyimpangan terbuka,”jelasnya.

Kemudian, yang tidak kalah penting kata Majdi adalah persoalan kemiskinan, karena faktor ini merupakan kunci bagi NTB. Secara perlahan kemiskinan di NTB menurun hampir 2 persen dari 21,55 ke 19,67 tentu hal itu diharapkan akan terus turun.

Rapim itu, dihadiri seluruh pejabat eselon II dan III evaluasi 2011 terkait realisasi fisik dan anggaran di lingkup Pemprov NTB sebagai bahan evaluasi di tahun 2012 ini.  

Bagikan :