Akun FB ‘Humaspro Klu’ di Retas, Ini Penjelasan Humaspro Setda KLU

KLU, MN–Kian lajunya peredaran informasi pada Era Post Truth yang dibarengi dengan canggihnya teknologi, terkadang memberikan dampak plus sekaligus minus. Plus, apabila informasi yang tersaji merupakan informasi yang berkategori akurat, tepat dan bermanfaat. Tetapi bisa saja berdampak negatif, apabila tak dilakukan penyaringan atau filterisasi informasi yang beredar tanpa kenyataan dan realita. Dengan kata lain bisa saja bersifat rekayasa, memiliki tendensi bias dan berkategori hoaks.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda KLU, Mujaddid Muhas, meminta dengan hormat dan mohon izin menyampaikan bahwa akun facebook (FB) “Humaspro Klu” di-hack atau diretas sejak tanggal 27 April 2019. Sejak saat itu pula, tidak pernah ada status resmi dari “Humaspro Klu” dan belum ada kendali langsung dari admin Humaspro Setda KLU per tanggal tersebut, sehingga bila ada status dari facebook “Humaspro Klu” bukan berasal dari status resmi Humaspro Setda KLU.

Dijelaskan Mujaddid Muhas bahwa adapun status berupa foto caption atau screenshoot atau sejenisnya yang beredar (seperti pada gambar), dan diduga seolah-olah merupakan timeline status akun resmi, dari instagram “humasproklu” yang dikelola Humaspro Setda KLU, disampaikan bahwa status pada instagram tersebut bukan dari status instagram “humasproklu”.

Untuk memastikan hal tersebut, pihak Humaspro Setda KLU telah mengkonfirmasi admin instagram “humasproklu” dan menyatakan tidak pernah mem-posting status tak lazim/janggal, sebagaimana gambar yang beredar tersebut. Selain bukan tupoksi, konten substansinya tidak berkaitan dengan konten program/kegiatan Humaspro Setda KLU yang lokus dan tempusnya berbeda.

Dari sisi lainnya, terdapat kejanggalan pada caption/screenshoot/gambar tersebut. Terutama pada hal sebagai berikut:

  1. Penanda skala waktu upload yang terdapat di kiri atas, akun instagram lazimnya berada di kiri bawah.
  2. Latar yang berada di atas dan di bawah foto yang berwarna hitam, lazimnya instagram berwarna putih.
  3. Interval jarak antara foto atas dan bawah yang lebih lebar dari lazimnya status instagram.
  4. Untuk meyakini argumentasi tersebut, silakan bisa di-tracking status instagram “humasproklu”. Tidak terdapat status dan gambar sebagaimana yang beredar diduga dan seolah-olah dari status instagram “humasproklu”. Kecuali pada status klarifikasi hal tersebut.

“Kami percaya, tiap iktikad kami menyampaikan informasi, ada saja yang mungkin disalahmengertikan (misinformasi/disinformasi). Tetapi prinsipnya Humaspro Setda KLU, menyampaikan informasi hanya berkutat sebagaimana tupoksi serta berkaitan dengan informasi yang relevan: akurat, tepat dan bermanfaat. Sinergi dengan stakeholders senantiasa kami ikhtiarkan sebagai medium untuk menyampaikan informasi pembangunan sebagaimana regulasi. Kami hormat dan apresiasi instansi/institusi mitra yang terus bersinergi untuk meminimalisir hoaks,” katanya.

“Terima kasih atas permakluman dan atensi semua pihak. Demikian penjelasan ini dihaturkan kepada khalayak, atas permakluman dan atensinya, sekali lagi diucapkan terima kasih,” tandasnya.

(hs-klu/mn-07)

Bagikan :