Pemkot Mataram Tanam 20 Ribu Pohon Tahun 2011

MATARAM, MataramNews -Hingga akhir tahun 2011 ini Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram telah menanam sekitar 20 ribu pohon dari berbagai jenis yang tersebar sejumlah lahan kososng di Kota Mataram. Pernyataan tersebut dilontarkan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dalam kegiatan Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon dalam rangka HUT BRI ke 116 di Taman Kota Selagalas Sabtu (24/12).

{xtypo_info} Foto: Walikota Mataram H. Ahyar Abduh  dan Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana Lakukan Tanam Pohon {/xtypo_info}

Selain untuk mensukseskan program pemerintah secara nasional, lanjut Walikota gerakan penanaman pohon di Kota Mataram bertujuan untuk mewujudkan Kota Mataram yang hijau. Terkait dengan itu, Pemerintah Kota Mataram secara rutin terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar menanam pohon dengan memanfaatkan lahan yang ada, termasuk lahan pekarangan. “Kita ingin ke depan Kota Mataram menjadi kota yang Green and Clean. Karena itu pohon yang telah ditanam hendaknya terus dipelihara,”  ujarnya.

Di sisi lain Walikota mengakui untuk mewujudkan Kota Mataram yang Green and Clean selain partisipasi masyarakat, Pemkot Mataram mengharapkan peran serta dari kalangan BUMN, pihak swasta serta dinas/instansi lainnya. “Seperti yang saat ini dilakukan oleh Bank BRI yang menanam 1.000 pohon,” katanya.

Walikota menambahkan, jenis-jenis pohon yang ditanam merupakan jenis pohon yang memiliki usia panjang antara lain, trembesi, sengon dan mohoni karena ditujukan untuk penghijauan. Hal itu menjadi alasan kenapa Pemkot Mataram tidak menanam jenis pohon produktif yang rata-rata memiliki usia lebih pendek.

{xtypo_info} Foto: Walikota Mataram H. Ahyar Abduh  dan Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana {/xtypo_info}

Sementara Kepala Dinas Pertamanan Kota Mataram Makmun SH yang mendampingi Walikota menjelaskan sebanyak 20 ribu pohon yang telah ditanam disejumlah ruas jalan, sempadan sungai dan taman-taman kota selama tahun 2011 selain bersumber dari APBD Kota Mataram yang telah dialokasikan, juga merupakan bentuk partisiapsi pihak  BUMN, pihak swasta serta dinas/instansi lainnya. Jumah tersebut akan ditingkatkan lagi pada tahun 2012 mendatang. “Pemeliharaan secara rutin terus kita lakukan, sehingga tinggkat kegagalan hanya mencapai 2-3 persen saja,” ungkapnya.

Ditambahkan Kadis Pertamanan data terakhir jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Mataram untuk publik mencapai 12,49 persen, sedangkan RTH pribadi mencapai 14 persen lebih dengan target RTH secara keseluruhan sebanyak 28 persen.

Untuk diketahui kegiatan penanaman pohon di Taman Kota Selagalas dilakukan secara simbolis oleh Walikota Mataram H. Ahayar Abduh,  kemudian Wakil Walikota H. Mohan Roliskana, para Asisten Setda Kota Mataram  serta diikuti seluruh pejabat lingkup Pemkot Mataram, serta karyawan/karyawati lingkup Pemkot Mataram dan Bank BRI Mataram. (nir/nyem foto humas)