Sekda NTB, M Nur, saat membuka acara Konfercab III PWI NTB

Mataram, MATARAMnews – Uji kompotensi yang telah dilaksanakan terhadap seluruh wartawan ternyata masih banyak tidak lulus. Dimana uji kompotonsi ini diberlakukan untuk kepentingan peningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Profesionalisme wartawan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

Program yang dicanangkan oleh Dewan Pers ini telah dilaksanakan sejak tahun kemarin, namun hanya beberapa wartawan saja yang dinyatakan lulus.

Pengurus pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atang Sianifar Dafari, menjelaskan bahwa uji kompotensi ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh PWI. “Pendidikan dan pelatihan terhadap wartawan penting karena banyak wartawan yang muncul,” katanya ketika memberikan sambutan dalam acara Konfercab III PWI NTB, Jumat (17/2/2012) sore.

Menurutnya, untuk  sertifikasi kompotensi  saat ini hanya baru empat lembaga saja yang mempunya hak untuk uji kompotensi termasuk diantaranya, PWI Pusat.
Dimana uji kompotensi ini adalah sebagai alat untuk evaluasi terhadap perusahaan pers. Terkait dengan Konfercab, Dafari mengingatkan ada dua agenda yaitu pemilihan ketua baru dan yang kedua program kerja.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) NTB, H M Nur, yang menawakili Gubernur NTB mengatakan, bahwa momentum ini sangat strategis.

“Mudahan dengan Konfercab ini PWI bisa melakukan konsolidasi dan program yang dicanangkan bisa bersinergi dengan program kerja pemerintah, kita harus membangun kolaborasi antara pemerintah dengan wartwan, “kata Sekda NTB.

Selain itu, pemerintah daerah kedepannya siap untuk bekerjasama guna meningkatkan profesionalisme wartawan, karena itu sepakat dengan PWI pusat untuk meningkatkan profesionalime dan SDM wartawan.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !