Gagal Test Kesehatan, Bakal Paslon Kepala Daerah Bisa Dinyatakan Gugur

MATARAM – Bakal pasangan calon (paslon) kepala daerah dapat digugurkan dan diganti dalam mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak NTB 2018, jika hasil test kesehatannya dinyatakan tidak sehat.

“Kalau syarat-syarat lain masih ada waktu perbaikan nanti pada tanggal 18-20 Januari. Termasuk dukungan perseorangan. Termasuk juga keterangan dari pengadilan terkait hutang pituang. Namun khusus pemeriksaan kesehatan itu final dan mengikat,” kata Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori, disela acara penerimaan hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah dari tim kesehatan, IDI NTB, HIMPSI dan BNNP NTB, di Mataram, Selasa (16/1/2018).

Menurut Aksar, jika nantinya hasil tes kesehatan bakal calaon kepala daerah tidak sehat, maka bisa gugur dan bakal calon dapat diganti oleh parpol pengusung.

“Syarat bisa digantinya pasangan calon itu ada tiga yaitu berhalangan tetap, terkena kasus hukum serta syarat kesehatan,” ujar Aksor.

Untuk mengetahui hasil pemeriksaan kesehatan calon tersebut, lanjut Aksar, KPU NTB akan terlebih dahulu melakukan rapat pleno. Dari keputusan rapat tersebut lah hasil pemeriksaan kesehatan kemudian diserahkan kepada pasangan bakal calon.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan hasil pemeriksaan kesehatan kepada KPU Kota dan Kabupaten yang melaksanakan pilkada yaitu Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur dan Kota Bima.

Hadir pada penerimaan hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon tersebut, dari pihak KPUD, Ketua IDI NTB, Ketua HIMPSI NTB, Direktur RSUD Provinsi NTB dan BNNP NTB.

Sementara itu Ketua IDI NTB, Dr IK Geruduk mengatakan bahwa dalam proses pemeriksaan kesehatan dilakukan berdasakan SOP yang telah ditetapkan secara profesional. “Hasil kesehatan ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam tahap memilih pemimpin daerah,” ucapnya.

Ditambahkan Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan, Dr Rusdi, bahwa dalam pemeriksaan terhadap bakal calon kepada daerah dilakukan pemeriksaan 30 item yang telah ditentukan dan sesuai dengan prosedur.

(mn-07/r3)

Bagikan :