Endang : Wartawan Perlu Memahami Data Statistik dan Hasil Survei BPS

MATARAM – Sejumlah wartawan di Kota Mataram mendapatkan pelatihan dalam rangka meningkatkan pemahaman terkait dengan data-data statistik dan hasil survei.

Pelatihan yang dikuti oleh puluhan wartawan dari media cetak, online, tv, dan radio, baik media lokal maupun nasional, pada Senin (13/11/2017) itu, diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) NTB.

Kepala BPS NTB, Endang Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa melalui kegiatan pelatihan tersebut dapat meningkatkan pemahaman wartawan terkait kelembagaan sensus dan survei serta data strategis yang dihasilkan BPS.

“Melalui Statistical Capacity Building ini, saya berharap agar bisa meningkatkan pemahaman wartawan tentang data-data statistik dan hasil survei yang di rilis oleh BPS,” ucapnya ketika membuka acara yang digelar di aula kantor BPS NTB itu.

Pelatihan kepada wartawan, kata dia, perlu dilakukan secara berkelanjutan karena data hasil survei yang dilakukan BPS terus berkembang seiring kemajuan teknologi informasi dan ekonomi masyarakat.

Disatu sisi, masyarakat juga semakin maju dalam memahami statistik dan data serta mampu mengaitkan dengan berbagai perkembangan kehidupan ekonomi dan sosial saat ini.

Karena itu ungkapnya, data yang dihasilkan BPS bisa menjadi bahan rujukan perencanaan, evaluasi, membuat keputusan, memformulasikan kebijakan agar tepat sasaran, serta alat konfirmasi dan legitimasi bagi para pihak yang berkepentingan, terutama pemerintah pusat dan daerah.

Dimana, lanjutnya, beberapa data hasil survei yang dihasilkan BPS, seperti produksi di sektor pertanian secara umum, kondisi sosial masyarakat yang berkaitan dengan angka kemiskinan dan pengangguran, inflasi dan kondisi perekonomian terkini.

“jadi data yang dihasilkan harus berkualitas dan sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan, yakni relepan, akurat, tepat waktu, mudah diakses, mudah diintepretasikan dan koherensi,” pungkasnya.

Sementara itu dalam pelatihan tersebut mengahadirkan para pemateri yang berasal dari lingkup BPS NTB yaitu, Ike Sri Rahayu SST (bidang produksi : data-data pertanian) dan Yati Daryati SST (Bidang sosial :data kemiskinan, pengangguran) serta Tri Harjanto (bidang distribusi : data inflasi, perdagangan) dan M Zainuri SST M. (midang neraca wilayah & analisis statistik : data PDRB).

(mn-07/r3)

Bagikan :