Terkait Ada Indikasi Perlakuan Beda Antara Tahanan di Sel PN Mataram


Mataram, MATARAMnews – Petugas penjaga terdakwa berikan perlakukan khusus terhadap terdakwa korupsi dan terdakwa penyalahgunaan narkokita ketika sedang berada di sel tahanan sementara di Pengadilan Negeri (PN) Mataram. Perbedaan perlakuan terhadap para terdakwa itu sangat mencolok, dimana terdakwa dari kasus tindak pidana umum saat menunggu waktu persidangan ditempatkan dalam sel sedangkan untuk terdakwa kasus korupsi dan narkoba khususnya terdakwa wanita sendiri diberikan keleluasaan berada diluar sel.

Atas perbedaan perlakuan tersebut menimbulkan kesenjangan antara para terdakwa, atas perbedaan itu juga menimbulkan  pertanyaan besar yang datang dari para keluarga para terdakwa.

Ketika hal ini dipertanyakan pada pihak Pengadilan Negeri (PN) Mataram, disebutkan bahwa penjagaan terdakwa selama berada di sel itu merupakan kewenangan pihak Kejaksaan.

“Itu kewenangan kejaksaan menjaga terdakwa,yang membawa tahanan dan menghadirkan dalam sidang jaksa,” kata Ketua Pengadilan Negeri (PN) Mataram, Ali Makki SH didampingi Humas PN Mion Ginting SH ketika ditemui Selasa (6/3/2012) pagi.

Menurutnya, kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti terdakwa melarikan diri, itu juga bukan menjadi tanggungjawab pengadilan.

Masih menurut Ali Makki, dengan adanya masukun tersebut dirinya akan mengambil langkah tegas dan berkoordinasi dengan pihak kejaksaan.
“Mungkin atasan mereka tidak mengetahuinya, “terangnya.

Ali Makki juga mengakui bahwa ia baru mengetahui adanya perbedaan perlakuan terhadap para terdakwa yang diberikan oleh petugas jaga dari kejaksaan.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !