Sebuah asteroid dekat Bumi dapat dilihat dalam ilustrasi ini disediakan oleh ESA.

MATARAMnews – Ada sebuah asteroid yang disebut 2011 AG5, dan jika mengikuti orbit ilmuwan telah diplot untuk itu sejauh ini, ada kesempatan kecil sehingga bisa menabrak Bumi pada bulan Februari 2040. Jangan keluar dari pekerjaan Anda dan menjual rumah Anda sekarang. Para astronom yang telah melacak asteroid sejak Januari 2011 mengatakan itu adalah dalam orbit elips yang bisa membawa suatu tempat dekat dengan Bumi pada tahun 2040. Dengan diameter sekitar 8.000 mil dari bumi, asteroid tampaknya menjadi sekitar 450 kaki.

Masalahnya adalah bahwa setelah menyaksikannya hanya sekitar setengah orbit Matahari, para ilmuwan tidak dapat mengatakan dengan pasti di mana ia akan menjadi 28 tahun dari sekarang. Jadi, untuk saat ini, NASA’s Near Earth Object Program mengatakan kemungkinan besar sekitar satu dari 625 bahwa hal itu bisa memukul kami di masa depan yang masih jauh.

“Kami memiliki kesempatan yang baik untuk mengamati itu tahun depan dan sekali lagi pada 2015,” kata Donald Yoemans, yang memimpin program di NASA’s Jet Propulsion Laboratory. “Kami sangat berharap bahwa kemungkinan akan menjadi turun, kemungkinan besar ke nol, pada saat itu.”

Sementara itu, hal ini merupakan topik pembahasan pada pertemuan di Wina Sub-komite Ilmiah dan Teknis PBB Komite Penggunaan Antariksa secara Damai.

Para anggota komite setuju bahwa 2011 AG5 beruang menonton, dan dapat berguna sebagai subyek dari “tabletop exercise” dalam apa yang harus dilakukan, jika dalam waktu dekat memang ada sebuah asteroid tersebut.

“Dalam diskusi Aksi Tim 14 , kami menyimpulkan bahwa itu belum tentu bisa disebut ‘real’ ancaman. Untuk melakukan itu, idealnya kita harus memiliki setidaknya satu, jika bukan dua, mengamati orbit dengan penuh,” kata Detlef Koschny dari Badan Antariksa Eropa dalam sebuah wawancara dengan Space.com

Para ilmuwan telah membahas segala macam rencana dalam kasus asteroid masa depan benar-benar tidak berubah akan datang dengan cara kami. Jika mereka telah cukup memimpin waktu, mereka mungkin mengirim probe dengan roket pendorong, atau bahkan bahan peledak, menyenggol sebuah asteroid ke orbit yang sedikit berbeda. Perubahan tentu saja sangat kecil, tahun depan, bisa membuat perbedaan besar pada tahun 2040, kata mereka. Bahkan jika asteroid merindukan Bumi lewat kurang dari seratus mil, akan menjadi tidak ada peristiwa.

Ada asteroid berkeliling pada tata surya bagian dalam sepanjang waktu – salah satu dari mereka, yang disebut 2005 YU55, lulus dalam 201.000 mil dari bumi pada bulan November, lebih dekat dari bulan.

Tapi sekitar setengah lusin kali sejak planet terbentuk, kemungkinan besar dampaknya bencana. Yang terakhir 65 juta tahun lalu, diyakini telah membunuh yang terakhir dari dinosaurus dengan debu dan abu yang gelap langit setelah memukul, meskipun telah ada ilmuwan yang tidak setuju.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa asteroid saat itu adalah sekitar sembilan mil yang terluas, jauh lebih besar dari 2011 AG5. Dan mereka menunjukkan bahwa mereka sedikit tahu 2011 AG5, mereka tidak dapat mengatakan apakah itu sepotong padat batu atau tumpukan puing longgar terbang bersama-sama di ruang angkasa. Yang mereka tahu adalah bahwa dalam orbit yang panjang dan elips yang mengambil hampir dua kali lebih jauh dari matahari seperti kita.

“Intinya adalah: Kami punya waktu,” kata Yoemans. “Pendekatan mabuk adalah untuk membuat pengamatan lebih, untuk menunggu dan melihat.”





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !