MUET Lakukan Test Bahasa Bagi Beasiswa NTB Langsung di Mataram

Mataram, MN – Kementerian Pendidikan Malaysia bersama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB kerjasama terkait dengan penyelenggaraan test bahasa Inggris bagi mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di Malaysia.

Karena itu untuk meringankan dan mempermudah test bahasa bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti program beasiswa dari pemerintah provinsi NTB maka dilakukan secara langsung test bahasa oleh Malaysian University English Test (MUET) di Kota Mataram, NTB.

Terkait dengan pelaksanaan MUET tersebut memdapat sambutan hangat dari pihak pemerintah provinsi NTB, lewat Asisten I Setda NTB, Baiq Eva Cahyaningsih mengatakan bahwa kerjsama antara Indonesia dengan Malaysia dipererat lewat silaturahim.

“silaturahim ini kita akan memulai dari Provinsi NTB masuk melalui pendidikan,” ucapnya Sabtu (13/7/2019) pagi.

Menurutnya, bahwa sesuai dengan visi dan misi NTB dalam RPJMD salah satunya cerdas.dan untuk menunjang hal tersebut berbagai upaya dilakukan untuk mencerdaskan dengan berbagai kerjasama dan salah satunya Malaysia.

Kerjasama dalam program pendidikan yang saat ini sedang berjalan antara pihak pemerintah Malaysia dan Pemerintah Provinsi NTB ditangani lamgsung oleh pihak Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB.

Sementara itu Kepala divisi kerjsama LPP NTB, Imanuellah Andilolo, menjelaskan bahwa kerjasama antara LPP NTB dengan Kementerian Pendidikan Malaysia sudah berlangsung November tahun 2018.

“Yang kami emban amanah dari pak gubernur terkait program beasiswa salah satunya melanjutkan studi S2 di Malayasia,” ucapnya.

Lalu ditambahkannya, kenapa pihaknya secarah langsung melakukan MUET ke NTB, hal tersebut untuk mempermudah proses seleksi test bahasa dan biaya lebih murah.

Sedangkan dari pihak Kementerian Pendidikan Malaysia yang diwakili oleh Timbalan Ketua Pengarah Jabatan Pendidikan Tinggi, Prof DR Mohd Cairul Iqbal Mohd Amin, mengatakan bahwa pihak kementerian pendidikan Malaysia menyambut baik kerjasama pendidikan antara Malaysia dengan pemerintah provinsi NTB.

“Terimah kasih pada pak Gubernur yang telah melihat Malaysia sebagai destinasi pendidikan,” ucapnya.

(mn07)