Indah Banget, Fenomena Awan Melingkar Menyerupai Topi di Gunung Rinjani

Lombok, MN – Gunung Rinjani mengalami fenomena menarik. Gunung Rinjani tertutup awan melingkar menyerupai topi, yang dipandang indah banget.

Warga netizen ramai membicarakan fenomena awan melingkar menyerupai topi di gunung Rinjani yang terjaadi Rabu, 17 Juli 2019.

Dikutip dari berbagai sumber, penjelasan fenomena itu terjadi karena puncak gunung tertutup awan altocumulus lenticularis. Jenis awan itu terbentuk lantaran turbulensi atau pusaran angin di puncak gunung. Membentuk awan seolah Sang Gunung Bertopi.

Peristiwa ini sebenarnya biasa saja, gunung lainnya juga pernah mengalamai itu, seperti yang pernah terjadi di gunung Semeru. Hal tersebut tergantung dinamika atmosfer lokal.

Warganet tidak perlu mengaitkan fenomena itu dengan hal-ahl seperti mistis, musibah, kejadian politik atau jodoh seret. Namun, juga perlu mewaspadai turbulensi di puncak gunung menandakan adanya pusaran angin yang kencang. Hal itu berbahaya bagi pendaki karena mengakibatkan suhu yang amat dingin.

Fenomena tersebut, lebih cocok menjadi latar untuk foto pemandangan alam yang bisa menarik kunjungan wisata atau pun bisa juga dipakai untuk foto praweeding. Mingin jika suka foto dengan latar gunung Rinjani bertopi lebih indah, ketimbang foto pernikahan di semak belukar.

(red-mn)