Gubernur NTB Dukung Festival Rimpu Digelar 2020 di Monas Jakarta

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, saat menerima audiensi Yayasan Rimpu di ruang VIP Bandara Internasional Lombok, Senin (5/8/2019).

Mataram, MN – Festival Rimpu Mbojo yang rencananya akan digelar di Monas dan Taman Mini Indonesia Indah (TMMI) Jakarta pada bulan Oktober 2020 mendapat respon positif dari Gubernur NTB Dr. H. Zulkiefliemansyah.

Respon dan dukungan positif dari mantan anggota DPR RI dua periode tersebut disampaikannya pada pertemuan hangat bersama panitia inti Festival Rimpu di ruang VIP Lombok Internasional Airport (LIA), Senin (5/8/2019) siang.

“Saya jadi gubernur ini siap membantu (Festival Rimpu) supaya semua mimpi besar kita ini terwujudkan,” ucapnya sembari berharap Tambora sebagai cagar biosfer dunia bisa dipromosikan di dalam dan luar negeri supaya pariwisata NTB khususnya Bima dan Dompu bergeliat.

Doktor lulusan luar negeri ini menyampaikan, bahwa banyak masyarakat Pulau Sumbawa khususnya Bima dan Dompu yang sukses di Jakarta. Untuk itu tambahnya, meminta kepada mereka untuk kembali membangun daerahnya.

“Anak Bima dan Dompu di Jakarta banyak yang sukses, mereka suruh pulang untuk membangun daerahnya. Terlalu banyak orang Bima yang sukses di Jakarta,” ungkapnya.

Selain itu, Duta PKS ini menambahkan bahwa setiap tahun Pemprov NTB akan memberikan beasiswa kepada anak-anak muda Bima sebanyak 20 orang untuk kuliah di Fakultas Hukum di UI Jakarta.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Rimpu, AKBP Ruslan Idris menyampaikan, acara yang rencananya akan digelar di Monumen Nasional (Monas) dan TMII Jakarta selama dua hari tersebut berharap dukungan dari semua pihak termasuk Pemerintah Provinsi, Kabupetan dan Kota Bima termasuk pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) agar mendukung acara yang dimaksud.

“Target kami untuk pesertanya sebanyak 50 ribu orang yang semuanya akan mengenakan rimpu dari sarung tenun asli Bima,” terang Wassidik Krimsus Polda Metro Jaya di hadapan Gubernur ini.

Selain festival Rimpu, event tersebut juga terangnya, akan menggelar sejumlah rangkaian acara seperti yang pernah digelar 2018 lalu. Namun katanya untuk event 2020 mendatang betul-betul akan dimatangkan dengan baik.

Sementara ketua Yayasan Rimpu, Dudi Fahrudin berharap, event besar yang digelar itu bisa menggaet pariwisata mancanegara di Pulau Sumbawa khususnya Bima sama seperti pariwisata Lombok yang ada sekarang ini.

Di acara tersebut juga katanya akan mengundang para Duta Besar negara-negara sahabat untuk menghadiri dan memeriahkan event tersebut sekaligus mempromosikan event dunia MotoGP yang digelar di Lombok 2020.

Selain itu, rencananya akan dibuat visualisasi film layar lebar yang menceritakan tentang pariwisata di Bima namun karena keterbatasan dana rencananya terlebih dahulu akan dibuat film pendeknya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua dan sekretaris Panitia AKBP Ruslan Idris dan Jamaludin Ikraman,
Ketua Yayasan Rimpu, Dudi Fahrudin, serta bidang seni dan budaya, Sa’ad Bima dan Awaluddin Tahir. (hs-ntb/mn-07)