Kemenpar Beri Pelatihan Peningkatan Kapasitas Usaha Masyarakat KEK Mandalika

Lombok Tengah, MN – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI melakukan kegiatan peningkatan kapasitas usaha masyarakat di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, bidang usaha mikro kecil menengah (UMKM). 

Melalui Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan antar Lembaga Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar RI, mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan jumlah kerja di KEK Mandalika, Lombok Tengah, dengan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas usaha masyarakat di bidang UMKM.

“Nantinya peserta akan mengikuti pelatihan dan diberikan materi kebijakan pariwisata daerah, dan manajemen pembukaan UMKM,” terang Rulyta Mansuri Rachmaesa SE, selaku panita kegiatan tersebut di Lombok Tengah, Senin (19/8/2019).

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas usaha masyarakat di bidang UMKM ini, lanjut Rulyta, diharapkan bisa bermanfaat dan menjadi pelajaran berharga bagi peserta (masyarakat sekitar KEK Mandalika).

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Tengah, H Lalu Muh Putrie menyambut baik pelatihan tersebut. Pasalnya, pelatihan tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan jumlah tenaga kerja.

“Perlu kita ketahui keberadaan KEK Mandalika, masyarakat sekitar diminta mempersiapkan diri, baik itu keterampilan, termasuk sangat penting usaha kita menyambut KEK Mandalika,” imbuh Putrie.

Ia sangat berharap kepada peserta untuk serius mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas usaha. “Ini kegiatan sangat penting,” ujar Putrie.

Tim Percepatan Mandalika, Ari Surhendro menjelaskan Mandalika merupakan salah satu program Bali Baru Pemerintah Pusat, sehingga menjadi proritas Pemerintah Pusat, bahkan Presiden Jokowi sendiri sudah beberapa kali mengatakan bahwa Lombok Tengah terutama Mandalika merupakan Primadona Wisata.

“Masyarakat Lombok Tengah harus mempersiapkan diri, terlebih SDM,” imbuhnya.

“Melalui kegiatan peningkatan kapasitas usaha masyarakat dibidang UMKM masyarakat di Mandalika, peserta harus mampu mencerna dan mempelajari dengan baik,” tandasnya

Dalam kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas usaha bagi masyarakat KEK Mandalika ini, diikuti lebih dari 50 peserta dan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 19 – 20 Agustus 2019. (mn-08)

Bagikan :