Gubernur NTB Tekankan Pentingnya Merawat Komunikasi

Mataram, MN – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah membuka kegiatan Dialog Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Musyawarah Pelayanan Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (BP MUPEL GPIB Bali-NTB) bertempat di Hotel Puri Indah Mataram, Sabtu (14/9/2019).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Peran Agama Dalam Membangun Rasa Kebangsaan Indonesia Berdasarkan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI”.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, agenda seperti ini memiliki arti yang sangat penting untuk merawat silaturahim dan menjalin komunikasi. Sejumlah masalah yang kerap terjadi di Indonesia belakangan ini kata Doktor Zul karena kurangnya komunikasi dan adanya kesalahpahaman.

“Kadang-kadang kita bertengkar hal-hal yang sepele saja, hanya karena kita tidak pernah berbicara, berdialog, bertemu untuk kemudian saling menautkan hati,” ucap Gubernur.

Doktor Zul mengatakan bahwa dalam menilai dan menyimpulkan sesuatu, harus lebih dulu mengetahui dan memahami informasi secara keseluruhan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesalahpahaman yang kerap terjadi.

“Dialog itu penting, karena dialog itu bukan hanya mempertemukan pikiran, tapi yang terpenting untuk menautkan jiwa dan perasaan untuk saling mengenal,” tambahnya.

Ketua Umum Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) NTB, Pdt. Victor Hutauruk mengungkapkan kegiatan dialog kebangsaan ini diselenggarakan karena betapa besar dan pentingnya peranan agama untuk menumbuhkan rasa kebangsaan.

“Semoga melalui kehadiran kita semua, benar-benar menumbuhkan rasa kebangsaan kita, hidup rukun dan damai, bekerja sama, saling membantu, saling memperhatikan dalam membangun bangsa yang sama-sama kita cintai ini,” harap Victor. (hs-ntb/mn-07)