KPU Apresiasi Kedewasaan Masyarakat NTB dan Peran Aparat Sukseskan Pemilu 2019

Ketua KPUD NTB, Suhardi Soud (tengah) memberikan piagam penghargaan kepada Polda NTB dan Korem 162/WB dalam acara silaturahmi dan evaluasi pengamanan tahapan pemilu 2019, di Mataram, Jum'at (4/10/2019) pagi.

Mataram, MN – Proses pelaksanaan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif pada pemilu 2019 di NTB berjalan dengan aman dan sukses. Berjalan suksesnya pesta demokrasi lima tahun di NTB itu karena situasi yang kondusif dan aman berkat kedewasaan masyarakat dalam berdemokrasi dan tentunya peran dari aparat keamanan.

Ketua KPUD NTB, Suhardi Soud mengatakan berdasarkan hasil evaluasi terhadap pengamanan tahapan pilpres dan pileg 2019, berjalan dengan aman.

“Alhamdulilah kita bersyukur sampai saat ini walaupun dimata publik terkait dengan kerumitan namun tidak meruntuhkan kita dalam menyukseskan pemilu 2019,” ucapnya dalam acara silaturahmi dan evaluasi pengamanan tahapan pemilu 2019, di Mataram, Jum’at (4/10/2019) pagi.

Menurutnya bahwa suksesnya semua tahapan pilpres dan pileg di NTB tentu tidak bisa berjalan tanpa keamanan yang dilakukan oleh pihak Polda NTB dan di back up oleh Korem 162/WB dan dukungan semua pihak termasuk kedewasaan masyarakat dalam berpolitik.

“Karena itu alhamdulillah berkat kita semua dalam pelaksanaan pemilu 2019, KPUD NTB mendapatkan empat kategori penghargaan di tingkat pusat,” ujarnya.

Dimana akhirnya tahapan pemilu 2019 ditingkat Provinsi NTB dengan telah diselesaikannya pelantikan anggota DPRD NTB dan ditimgkat nasional DPR RI dan DPD. Namun pihak penyelenggara pemilu masih ada tugas yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang dengan agenda pemilihan kepala daerah (pilkada).

“Kami yakin tahun 2020 punya tantangan baru dimana ada tujuh pilkada dan menurut Bawaslu bahwa tingkat kerawanan tinggi,” ungkapnya.

Meski demikian, Suhardi optimis bahwa dengan dilakukannya evaluasi bisa belajar dari pemilu 2019 maka dengan itu terus bersinergi mengenai pengamanan jalannya pilkada.

Sementara itu berdasarkan catatan pihak kepolisian pelaksanaan pemilu 2019 di NTB berjalan dengan lancar namun ada beberapa hal yang harus diperbaiki untuk kedepannya.

“Pileg dan pilpres 2019 secara umum berjalan dengan baik lancar mulai dari mensosialisasikan DCS, DPT sampai dengan pelantikan anggota DPRD provinsi maupun kabupaten kota itu pelaksanaannya berjalan dengan aman,” ucap Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Maningkajaya.

Namun demikian, ungkapnya, bahwa tidak bisa juga dipungkiri adanya sedikit masalah terkait laporan dan semuanya sudah diproses di Bawaslu.

Untuk kedepannya, pihak kepolisian memberikan catatan sebagai bahan evaluasi mulai dari pemahaman masalah aturan pemilu oleh penyelenggara sehingga pada implementasi tidak salah hak ini terkait dengan kompetensi atau kemampuan dari personil penyelenggara itu sendiri.

Kemudian terkait dengan sistem yang harus dirubah karena dengan sistem yang sekarang ini ter lihat banyak eksesnya contohnya kemampuan fisik seseorang tidak mungkin terus menerus jadi itu harus di rubah begitu juga dengan sarana dan prasarana logistiknya bagaimana nanti tidakn ada yang rusak atau tertukar dan termasuk anggaran gaji dari penyelenggara terutama badan adhock.

Pada kesempatan tersebut KPUD NTB juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Polda NTB dan Korem 162/WB atas sukses dan amannya pelaksanaan pemilu di NTB. (mn-07)

1 KOMENTAR

Komentar