Mahasiswa Muslim dari Empat Negara Kunjungi Tiga Gili

MATARAMnews – Sebanyak seratus mahasiswa muslim dari mancanegara, seperti Brunei Darussalaam, Malaysia, Singapore dan Philipina, Selasa (4/10/2011) kemarin mengungjungi kabupaten Lombok Utara (KLU). Kunjungan dari sesama negara serumpun itu, bertujuan untuk menjalankan misi sosial lingkungan dengan menggelar gotong royong dibeberapa areal kawasan wisata tiga Gili, Kecamatan Pemenang.

{xtypo_info}FOTO: Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda KLU, Drs. Haji Sujanadi {/xtypo_info}

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda KLU, Drs. Haji Sujanadi mengatakan, kedatangan rombongan Mahasiswa itu, merupakan agenda tahunan dan misi sosial kebeberapa negara serumpun, untuk mempererat persaudaraan antara mahasiswa islam dikawasan negara-negara Asia, yang difasilitasi Kementerian Agama Republik Indonesia.

Rombongan mahasiswa muslim dari empat negara itu, disambut sekaligus dilepas oleh Bupati KLU didampingi Kepala Kantor Departemen Agama Lombok Barat, di Masjid Jami Nurul Hikmah Pemenang.

“Tidak ada agenda khusus, mereka hanya menggelar misi sosial lingkungan di kawasan tiga Gili, yang berlansung sehari ini saja, dan setelah itu kembal meninggalkan KLU,” terangnya.

Dikatakannya, kegiatan gotong royong mahasiswa tersebut berlangsung selama sehari dan, dimulai disekitar halaman Masjid Jammi Istiqamil Gili Trawangan dengan membersihkan sampah dilingkungan Masjid, kemudian dilanjutkan di areal pantai Trawangan.

Usai menggelar kegiatan gotong royong di pulau Trawangan, puluhan mahasiswa dari negara tentagga itu, melanjutkan perjalanan untuk melakukan kegiatan yang sama di Gili Air.

“Tidak ada agenda khusus antara rombongan mahasiswa muslim negara serumpun itu dengan Pemkab KLU, namun dalam pertemuan di Pemenang, pihak Pemkab KLU membuka peluang kerjasama pertukaran pelajar mahasiswa dan kerjasama di bidang pendidikan dengan negara masing-masing mahasiswa tersebut,” jelasnya.

Sementara salah seorang peserta rombongan, mengatakan, ini merupakan misi lingkungan yang dilakukan secara regular di beberapa negara, dan saat ini dilakukan di Lombok Utara, tepatnya di daerah tiga Gili. “Ini misi lingkungan yang digagas secara bersama,” cetusnya singkat.

(Laporan : DN | Lombok Utara)