DPRD Loteng : Januari Ini APBD 2020 Sudah Bisa Dilaksanakan

Lombok Tengah, MN – Masa sidang pertama DPRD Loteng tahun sidang 2019 telah ditutup melalui rapat paripurna DPRD pada 30 Desember tahun 2019 lalu, didalamnya sekaligus disampaikan keputusan pimpinan dewan nomor 6 tahun 2019 tentang penyempurnaan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Lombok Tengah (Loteng) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020 dan Rancangan Peraturan Bupati tentang penjabaran APBD tahun anggaran 2020.

“Saat ini kita tentu bersyukur, karena APBD tahun anggaran 2020 dapat kita tuntaskan pembahasannya tepat waktu sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Itu berarti bahwa APBD tahun anggaran 2020, pada bulan Januari tahun ini sudah dapat dilaksanakan,” kata Wakil Ketua DPRD H.L. Sarjana saat memimpin Sidang Paripurna DPRD Loteng, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya, DPRD Lombok Tengah (Loteng) mendukung Pemda melakukan berbagai langkah inovatif, guna mempercepat penyerapan anggaran tahun anggaran 2020. Sehingga apa yang telah disetujui bersama dalam APBD tersebut dapat dilaksanakan tepat waktu dan segera dirasakan oleh masyarakat Lombok Tengah.

Kaitannya dengan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 ini, lanjutnya, DPRD meminta kepada Pemda melalui masing-masing kepala organisasi perangkat daerah (OPD), agar nanti menyampaikan laporan hasil pelaksanaan program kegiatan anggaran semester satu, dan program kegiatan semester berikutnya.

“Sebelum membuka masa persidangan kedua tahun sidang 2020 ini, bahwa sebelumnya pimpinan Dewan telah mengadakan rapat pimpinan dengan ketua fraksi dan ketua AKD, untuk memperoleh masukan terkait rencana kegiatan Dewan masa persidangan kedua tahun sidang 2020,” terangnya.

Lebih jauh disampaikan bahwa rancangan tersebuut untuk selanjutnya ditindaklanjuti melalui rapat badan musyawarah (Banmus) yang dilaksanakan Kamis (9/1) dan hasilnya telah ditetapkan melalui keputusan pimpinan Dewan nomor 1 tahun 2020. Tentang jadwal kegiatan Dewan masa persidangan kedua tahun sidang 2020.

“Kegiatan yang sedang kita langsungkan saat ini merupakan rapat dengan agenda pembukaan masa persidangan kedua tahun sidang 2020 dan untuk mendukung percepatan perumusan pokok-pokok pikiran Dewan untuk perencanaan anggaran tahun 2021, kegiatan reses masa persidangan kedua tahun sidang 2020 menjadi kegiatan awal masa persidangan kedua tahun sidang 2020,” terangnya.

Disampaikan, sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas pimpinan dan anggota Dewan, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas produktivitas lembaga Dewan sesuai harapan bersama, kegiatan bimbingan teknis bagi pimpinan dan anggota Dewan merupakan kegiatan berikutnya pada masa persidangan kedua tahun sidang 2020.

“Sebagai bentuk pelaksanaan fungsi pengawasan Dewan, dijadwalkan kegiatan rapat kerja komisi-komisi bersama kepala OPD mitra kerja, monitoring dan evaluasi (monev) serta kunjungan lapangan terhadap pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2019 dan kegiatan rapat AKD lainnya seperti; rapat badan kehormatan, badan pembentukan peraturan daerah, badan musyawarah dan rapat badan anggaran Dewan,”terangnya.

Disampaikan juga bahwa DPRD juga telah menjadwalkan pembahasan rancangan peraturan daerah, baik usul dewan sesuai ketentuan pasal 19 ayat (2) peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“DPRD juga telah menjadwalkan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati akhir tahun anggaran 2019. Dengan harapan, pada bulan april tahun 2020 sudah dapat dituntaskan,” tambahnya.

(mn-08)

Komentar