Mataram, MN – Balita asal Hunan China sampai saat ini masih mendapatkan perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB.

Balita yang berumur 1,6 tahun tersebut mendapatkan perawatan karena diduga terserang bakteri dan bukan merupakan virus corona yang saat ini sedang merebak.

Seperti yang disampaikan oleh Dirut Rumah Sakit Umum Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM., MARS dan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Eka Handini menyebutkan bahwa tidak ditemukan pasien yang terjangkit virus Corona yang dirawat di RSUP NTB.

Dirut RSUP NTB,Lalu Hamzi menyampaikan, memang ada pasien berkebangsaan China yang dirawat di RSUP.

“memang ada pasien kebangsaan China umur 1,6 tahun yang dirawat. Namun indikasinya hanya bakteri, bukan virus,” terangnya Selasa (28/1/2020) dalam jumpa pers yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Aryadi, M. Si, didampingi Kadiskominfotik, I Gede Putu Aryadi, S. Sos., SH,

Hal tersebut juga dipertegas oleh Dokter Spesialis Anak Konsultan Respirologi Anak, dr. Sang Ayu K. Indriyani, Sp. A (K), M. Kes, yang merawat pasien tersebut bahwa berdasarkan hasil pantauannya selama dua hari ini.

“Pasien tersebut semakin membaik. Meski demam, batuk dan radang tenggorokan, namun kesehatan anak tersebut berangsur membaik. Berbeda dengan virus Corona, yang kondisi kesehatan pasien membutuhkan penanganan khusus,” ujarnya.

“Semua hasil penanda infeksi, dari darah ya, sejauh ini tidak mengarah pada virus Corona,” tegasnya di Ruang Rapat Sekda NTB.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, HL Gita Ariadi menambahkan, ia meminta kepada masyarakat agar tidak mudah percaya atau terpengaruh oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dalam penyebaran informasi yang tak jelas.

Sejauh ini ungkapnya bahwa NTB dalam situasi dan kondisi aman. Oleh karenanya, masyarakat juga diminta tidak berlebihan dalam menyikapi persoalan virus corona.

Bahkan saat ini masih lanjutnya, pihak pemerintah provinsi telah melakukan berbagai langkah-langkah antisipasi sebagai sikap waspada dengan meningkatkan kesiapsiagaan diseluruh pintu masuk.

“Alhamdulillah, sejauh ini aman. Pemerintah bersama stakeholder siap menangkal virus corona,” pungkasnya.

(mn-07)



Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !