Pemusnahan BB Sabu oleh Kepala BNNP NTB, disaksikan langsung oleh Gubernur NTB, Kepala kantor pelayanan Bea Cukai Mataram, Kasrem 162/WB, pihak Kejaksaan, pihak Pengadilan Negeri Mataram, Dirnarkoba Polda NTB, dan Kasat Narkoba Polres Mataram

Mataram, MN – Badan Narkotika Nasional (BNNP) NTB kembali melakukan pemusnahan psikotropika jenis sabu seharga Rp 4 Milyar.

Sabu yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil pengungkapan yang dilakukan oleh bidang tindak BNNP NTB diawal tahun 2020 kemaren.

Kepala BNNP NTB, Brigjen Pol Gde Gianyar mengatakan bahwa barang bukti yang dimusnahkan saat ini merupakan sabu seberat 2 kg merupakan hasil tangkapan pada 4 Januari 2020 di daerah Senggigi Lombok Barat, NTB.

“Barang bukti (BB) ini jika ditaksir harganya sebesar Rp 4 milyar karena harganya sekitar 1 gram Rp 2 juta,” ucapnya saat melakukan pemusnahan, Kamis (13/2/2020) pagi.

Menurutnya bahwa barang bukti seberat 2 kg yang telah berhasil diungkap tersebut juga telah berhasil menyelamatkan sekitar 12 anak bangsa.

Pemusnahan dilakukan dengan cara diblender, kemudian dicampur dengan oil didalam wadah ember.

Pengungkapan dengan BB seberat 2 kg yang berhasil diungkap, ini menjadi sejarah bagi BNNP sejak berdiri kalau dilihat dari segi jumlah, karena jika dibandingkan hasil akumulasi pengungkapan tahun 2019 hanya sekitar 1,7 kg.

Perlu diketahui bahwa BB sabu seberat 2 kg, masuk ke Indomesia melewati jalur laut selat Malaka ke Aceh, kemudian dibawa menggunakan pesawat kurir berinisial RO, lalu transit di Soekarno Hatta, dan pada pagi hari tiba di Bandara Lombok, kemudian kurir dijempit oleh kurir yang berasal dari Sumbawa menuju ke wilayah Senggigi.

Dimana kurir yang berasal dari Sumbawa berinisial FR diketahui belum satu bulan keluar dari Lapas Sumbawa dalam kasus sama dan menjalani bebas bersyarat.

Pemusnahan BB, disaksikan langsung oleh Gubernur NTB, Kepala kantor pelayanan Bea Cukai Mataram, Kasrem 162/WB, pihak Kejaksaan, pihak Pengadilan Negeri Mataram, Dirnarkoba Polda NTB, dan Kasat Narkoba Polres Mataram.

(mn-07)