General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Internasional Airport (LIA) Nugroho Jati (pegang mic) dan Kepala BNNP NTB Brigjen Pol Gde Sugianyar Dwi Putra, saat memberikan keterangan pers di Bandara LIA, Lombok Tengah, Rabu (11/3/2020).

Lombok Tengah, MN – Selama operasi gabungan tim terpadu dari BNNP NTB bersama dengan Bea Cukai Mataram dan Avsec Angkasa Pura I Lombok Internasional Airport (LIA), berhasil mengungkap dua kasus narkotika jenis sabu di Bandara LIA. Modus pelaku dengan menyembunyikan narkotika jenis sabu dalam dubur mereka.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Internasional Airport (LIA) Nugroho Jati mengatakan operasi gabungan tim terpadu tersebut bertujuan untuk mengungkap sindikat jaringan narkotika baik nasional maupun internasional.

“Operasi gabungan ini berhasil mengungkap dua kasus narkotika jenis sabu jaringan pengedar lintas provinsi. Modusnya dengan menyembunyikan sabu di dalam duburnya,” terang Nugroho Jati, di Bandara LIA, Lombok Tengah, Rabu (11/3/2020).

Dikatakan Nugroho, pihaknya terus berupaYA mencegah beredarnya narkoba atau sejenisnya melalui Bandara LIA dengan cara tetap berkomunikasi dengan pihak pihak terkait seperti BNNP NTB.

Sementara dalam kesempatan yang sama Kepala BNNP NTB, Brigjen Pol Gde Sugianyar Dwi Putra menjelaskan ada lima tersangka yang berhasil diamankan, merupakan hasil operasi gabungan dari BNNP NTB bersama dengan Bea Cukai Mataram dan Avsec Angkasa Pura I Bandara LIA.

“ini merupakan hasil operasi gabungan secara terpadu selama 9 hari sejak 3 -11 Maret 2020 dalam rangka melindungi dan menyelamatkan SDM NTB dari ancaman Narkoba,” kata Gde Sugianyar saat menyampaikan rilis pers didampingi oleh GM Angkasa Pura Nugraha Jati, dan Kepala Bidamg Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Bali NTB NTT Sutikno, dan Kepala Kantor KPP BC Mataram I Putu Alit, di BIL Lombok Tengah.

Menurutnya, penangkapan atas kelima tersangka tersebut dilakukan dalam tiga hari yaitu pada Sabtu, Minggu dan Senin (7-9/3). Dimana pada Sabtu dan Minggu berhasil diamankan sebanyak tiga orang pelaku di wilayah Bandara dan jalan Baypass dengan barang bukti dua bungkus paket sabu seberat 150 gram.

Barang bukti tersebut diamankan dari tersangka IR yang merupakan penumpang pesawat dari Batam tujuan Lombok, lalu dilakukan penggeledahan, satu bungkus ditemukan dalam saku celana kemudian dilakukan pemeriksaan mendalam ditemukan dua bungkus bulatan yang disembunyikan didalam dubur.

“setelah dilakukan introgasi ternyata IR akan mengirimkan ke seseorang dan ketika dilakukan serah terima lamgsung dilakukan penangkapan terhadap MR,” terang Kepala BNNP NTB.

Sama dengan pengungkapan yang pertama, di pengungkapan kedua pada hari Senin (9/3/2020) berhasil diamankan sebanyak dua orang pelaku di wilayah BIL dengan barang bukti sabu seberat 58 gram.

Dimana pelaku yang diketahui berinisial ZW penumpang pesawat dari Batam tujuan Lombok, ditangannya berhasil diamankan dua bungkus bulatan yang disembunyikan dalam dubur, kemudian dilakukan pengembangan berhasil mengamankan dua orang lagi yaitu AH pekerjaan sopir. Saat ini, kelima orang tersangka ditahan di BNNP NTB.

(mn-08/mn-07)



Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !