Mataram, MATARAMnews – Basri (40) terdakwa dalam kasus penipuan di Rambut Petung Dusun Pelangan Timur Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Lobar, dijatuhakan vonis satu tahun penjara. Basri dinyatakan bersalah oleh majelis hakim yang diketuai oleh Efendi Pasaribu,SH  karena telah  melakukan penipuan dalam persidangan dengan pembacaan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Mataram, Selasa (26/6/2012) siang.

Vonis yang dijatuhkan terhadap ketua Adat Pancoran Salat tersebut lebih ringan dengan apa yang dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) yaitu selama 3 tahun 6 bulan penjara. Majelis hakim menjatuhkan vonis terhadap Basri karena dianggap terbukti melakukan perbuatan yang didakwakan kepadanya.
“Kami memutuskan terdakwa dinyatakan bersalah,” kata Ketua Majelis Hakim, Efendi Pasaribu sebelum mengetok palunya. Pada kesempatan tersebut, majelis hakim juga membacakan hak-hak terdakwa yaitu dengan mempersilahkan terdakwa jika keberatan atas vonis yang dijatuhkan agar menempuh upaya hukum banding.

Sementara itu, keluarga dan anggota terdakwa yang menyaksikan jalannya sidang pembacaan vonis tersebut, merasa kecewa dengan vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim. Karena tidak terimah dengan vonis tersebut, mereka langsung berteriak dan mengeluarkan kata-kata hujatan terhadap persidangan yang dianggap oleh mereka tidak adil.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !