Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan saat menyerahkan bantuan untuk tenaga medis yang diterima Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, di Kantor Gubernur NTB, Rabu (10/6/2020).

Mataram, MN – Sebagai upaya mendukung penanganan COVID-19, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Club Med Indonesia memberikan bantuan alat medis berupa 21 ribu masker kesehatan, untuk 11 rumah sakit di Provinsi Bali dan NTB.

Bantuan medis yang terdiri dari 20.000 surgical mask (masker bedah) dan 1.000 masker N95 tersebut akan disebar di sejumlah RS yang menjadi RS rujukan dan penanganan Covid-19 di Bali dan NTB yaitu di RSUD Buleleng, RSUD Bangli, RSUD Karangasem, RSUD Provinsi NTB, RSUD Dr Soedjono Selong Lombok Timur, RSUD H L Manambai Abdulkadir Kabupaten Sumbawa Besar, RSUD Bima, RSUD Kota Mataram, RSUD Lombok Tengah, RSUD Lombok Barat, dan RSUD Lombok Utara.

Penyerahan bantuan masker di Lombok dilaksanakan hari oleh Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan yang diterima oleh Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, di Kantor Gubernur NTB, Rabu (10/6/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekertariat Daerah Provinsi NTB Dra Baiq Eva Nurcahyaningsih, Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi NTB Marjito dan Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka bersama jajaran dari ITDC.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan sebagai sebuah BUMN, ITDC secara aktif membantu Pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 melalui berbagai program bantuan, baik bantuan mandiri maupun berkolaborasi dengan pihak lain.

“Pemberian bantuan masker bedah dan masker N95 bekerjasama dengan ClubMed Indonesia ini merupakan sumbangsih ITDC dalam mendukung upaya perlindungan diri para dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. Kita patut mendukung segala upaya dan kerja keras para pejuang kemanusiaan ini dalam melawan wabah Corona,” katanya.

Vice President Regional Operation Club Med Philippe Hoffmann menambahkan, pihaknya sangat bersyukur mendapat kesempatan berbagi dalam Misi Kemanusiaan yang mulia ini dan kepada Tim Medis yang telah berjasa.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengorbanan dan perjuangan kalian (tenaga medis). Bersama kita bisa melalui masa sulit ini. Dan semoga badai cepat berlalu dan Industri pariwisata serta perekonomian kita segera pulih,” ucapnya.

Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC, Ngurah Wirawan juga menambahkan, penyerahan sebanyak 12.000 masker medis dan 600 masker N95 untuk disalurkan bagi petugas medis yang berada di 4 Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dan 4 Rumah Sakit lainnya yang sangat memerlukan dukungan di Provinsi NTB.

“Kami harap bantuan ini bisa membantu para tenaga medis dalam menangani pasien terjangkit Covid-19 di NTB dan tren kasus Covid-19 di NTB ini segera menurun,” tandasnya.

Selain memberikan bantuan masker ini, sebelumnya ITDC juga telah melakukan sejumlah kegiatan untuk membantu Pemerintah menekan penyebaran COVID-19 di kawasan pariwisata yang dikelolanya berikut area sekitar kawasan. Melalui Program ITDC Lawan Corona, ITDC telah melakukan penyemprotan disinfektan secara teratur baik di dalam kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika maupun di sembilan desa penyangga di sekitar kawasan.

ITDC juga membagikan bantuan kepada desa penyangga berupa peralatan dan bahan disinfektan serta sabun cair untuk dapat dikelola secara mandiri oleh masing-masing desa, bantuan masker kain untuk masyarakat, serta bantuan sembako dan santunan anak yatim piatu dalam rangka Hari Raya Idul Fitri.

Di masing-masing kawasan pun ITDC menerapkan kebijakan physical distancing serta langkah-langkah lainnya sesuai protokol pencegahan COVID-19 yang dikeluarkan Pemerintah.

Club Med Indonesia sendiri, selain berkolaborasi dengan ITDC dalam penyaluran bantuan 21.000 masker kesehatan ini, telah ikut membantu dalam mengurangi dampak Covid-19 bagi komunitas di daerah operasional mereka di Bintan melalui bantuan masker dan makanan bagi tenaga medis di Rumah Sakit setempat.

(mn-08)