Penghargaan Manggala Karya Kencana disematkan langsung oleh Ketua BKKBN Pusat Dr. dr. Sugiri Syarief kepada Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh

Mataram, MATARAMnews – Puncak peringatan Hari Keluarga Tingkat Nasional (Harganas) XIX yang dilaksanakan di Lapangan eks. Bandara Selaparang, pada Sabtu (30/6/2012), berlangsung meriah. Acara yang dihadiri Wakil Presiden RI, Budiono beserta Ibu Herawaty Budiono dan juga Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi bersama Ketua TP-PKK Pusat Hj. Fita Gamawan Fauzi, SH dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan seni kolosal yang tertata apik di depan panggung kehormatan.

Dalam puncak Peringatan Harganas XIX, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh berhasil mendapatkan  penghargaan Manggala Karya Kencana Dari Badan Kesejahteraan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI atas prestasinya mengelola Program Keluarga Berencana (KB) di Kota Mataram.
Penghargaan Manggala Karya Kencana disematkan langsung oleh Ketua BKKBN Pusat Dr. dr. Sugiri Syarief dan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden RI beserta seluruh tamu kehormatan,  dan seluruh kader TP. PKK se-Indonesia.

Berdasarkan hasil sensus 2010 yang menyebutkan  total Fertility Rate Kota Mataram sebesar 1,9. Artinya setiap pasangan usia subur (PUS) yang sudah berkeluarga mempunyai anak rata-rata 1-2 orang. Sementara capaian program peserta KB baru dan peserta KB aktif yang ditargetkan pada tahun 2011 sebesar 10.878 peserta KB baru dengan capaian hingga akhir tahun 2011 sebesar 75% atau sebanyak 8.159 peserta. Demikian juga dengan peserta KB aktif yang ditargetkan tahun 2011 sebanyak  49.490, telah tercapai sebesar 78,23  % atau sebanyak 35.747 peserta.

Dalam Harganas XIX yang mengangkat tema ”Dengan Semangat Hari Keluarga Kita Bangkitkan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional”, ditandatangani juga perangko Harganas XIX sebagai bentuk kerjasama BKKBN Pusat dengan P.T Pos Indonesia.

Wakil Presiden dalam sambutannya menyampaikan, kualitas manusia ditentukan oleh kualitas keluarga yang membentuknya, dan ibu merupakan tokoh sentral dalam keluarga. Senada dengan yang disampaikan Wakil Presiden, Ketua BKKBN Pusat Dr. dr. Sugiri Syarief menyatakan, membangun keluarga adalah sisi lain dari pembangunan, selain pembangunan fisik dan ekonomi di negara ini. Dan untuk Harganas kali ini Sugiri Syarief mengajak kepada seluruh peserta Harganas XIX agar, memberikan hadiah terindah bagi anggota Keluarga.

Ketua Umum Panitia Harganas XIX Ny. Hj. Fita Gamawan Fauzi, SH mengharapkan, penyelenggaraan Harganas ini dapat menjadi sarana informasi dan promosi bagi perkembangan keluarga di Indonesia, selain itu agar menjadikan keluarga sebagai subjek dan objek pembangunan.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !