Mataram, MATARAMnews – Kunjungan Peserta Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat II angkatan XXVII tahun 2012 Propinsi Jawa Timur, dalam rangka Studi Lapangan di Provnsi NTB, terdiri dari 62 orang, terbagi ke 3 Kabupaten/Kota yaitu, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Lombok Utara. Peserta yang mengunjungi Kota Mataram terdiri dari 23 orang didampingi Badan Diklat Propinsi Jawa Timur. Peserta yang telah mengikuti pendidikan sejak 10 Mei lalu ini, mengunjungi Kota Mataram untuk menggali informasi mengenai paradigma kebijakan publik dan management strategik yang ada di Mataram.

Menurut Ketua rombongan, Drs. H. M. Susigit Kusbandrio, MM. Sasaran yang dituju sesuai juga dengan tema yang di usung dalam diklat ini, yaitu “Aktualisasi Sistem Penguatan Etika Organisasi untuk pencegahan Korupsi di Nusa Tenggara Barat”.  

Terkait hal itu, Sekretaris Daerah Kota Mataram, Ir. H. L. Makmur Said, MM menyatakan bahwa Kota Mataram merupakan pilot project dalam menciptakan ”zona integritas” yang dicanangkan Komisi Pemberantasan Korupsi beberapa waktu lalu.

Hal tersebut berdasarkan Kota Mataram berada pada 10 besar dalam Index Korupsi yang telah dirilis oleh KPK. Menindak lanjuti hal tersebut, Makmur Said menyatakan bahwa Kota Mataram akan mengadakan miniatur pelayanan publik yang akan langsung berada di lapangan guna menyentuh lapisan masyarakat yang paling bawah sekitar awal September.

(KO-LNP)