Rapat Koordinasi Camat-Lurah se-Kota Mataram terkait penyaluran raskin 2012, di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram, Rabu (4/7/2012)

Mataram, MATARAMnews – Bantuan beras khusus untuk keluarga miskin (Raskin) segera disalurkan. Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Camat-Lurah se-Kota Mataram terkait penyaluran raskin 2012, di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram, Rabu (4/7/2012). Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kepala keluarga yang berhak menerima raskin di Kota Mataram kembali mengalami peningkatan cukup signifikan. Dibandingkan data tahun 2011 lalu, berjumlah 25.827 Kepala Keluarga (KK), tahun 2012 ini terdapat penambahan 3.482 KK.

Peningkatan jumlah penerima raskin memang sudah diperkirakan dan di antisipasi dengan penambahan jumlah beras yang akan disalurkan. Namun, masalahnya peningkatan yang terjadi tidak merata di masing-masing kelurahan. Di beberapa kelurahan, jumlah KK penerima raskin justru menurun. Padahal, secara administratif, pembagian raskin tidak dapat dilakukan dengan sistem pembagian silang antar wilayah.

Karenanya, menurut Sekretaris Daerah Kota Mataram, HL. Makmur Said, sebelum raskin mulai disalurkan dirinya beserta pihak-pihak terkait akan menemui Walikota terlebih dahulu. Agar permasalahan yang ada disampaikan kepada para anggota Muspida Kota Mataram. “Kami berupaya mencari solusi terbaik agar raskin dapat segera disalurkan tanpa ada masalah di kemudian hari,” tutur Makmur.

Meski bila dilihat dari angka jumlah penerima raskin terus meningkat setiap tahunnya, Makmur menegaskan bahwa hal tersebut bukan berarti terjadi peningkatan angka kemiskinan di Kota Mataram. Namun karena dari awal, pada tahun 2005 sudah terjadi perbedaan angka antara data BPS dengan data keluarga pra-sejahtera milik BKKBN yang dulu menjadi acuan raskin. “Meski kami telah mengusulkan untuk direvisi dan BPS pun merespons dengan melakukan revisi, namun perbedaan data masih ada dan belum sampai pada angka yang ada pada data keluarga pra-sejahtera, sehingga yang tampak setiap tahun terjadi peningkatan angka,” jelas Makmur.

Raskin dibagikan masing-masing sebanyak 15 kg/KK/bulan. Untuk tahun 2012 ini, disiapkan sekitar 440 ton perbulan beras jatah raskin yang akan disalurkan kepada 29.309 KK penerima raskin Kota Mataram.

(KO-LNP-HUMAS)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !