Walikota Minta Masyarakat Sukseskan e-KTP

MataramNews – Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) gunakan chip berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan sidik jari merupakan program nasional yang sangat penting dan urgen, sehingga harus disukseskan. “Kami minta masyarakat ikut mensukseskan e-KTP. Artinya, yang sudah menerima undangan untuk pergantian KTP, diusahakan semaksimal mungkin datang ke Kantor Camat. Jangan sampai sudah diundang tapi tidak datang,” kata Walikota Mataram H. Ahyar Abduh saat launching e-KTP di Kantor Camat Selaparang Kota Mataram , Rabu (28/9/2011).

{xtypo_info}FOTO: Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh, Saat melaunching e-KTP{/xtypo_info}

Menurutnya berbagai peristiwa yang terjadi sering memanfaatkan kelemahan sistem kependudukan di Negara ini. Seperti halnya teroris. Dengan diberlakukannya e-KTP tidak ada lagi identitas pendudukan yang ganda. Di sisi lain Walikota Mataram, menyampaikan terimakasih atas kepercayaan pemerintah pusat yang memberikan kesempatan tahap pertama bagi Kota Mataram untuk pergantian e-KTP ini. Karena Kota Mataram dinilai sudah siap dan telah memenuhi persyaratan secara teknis dan data penduduk tahun 2010. “Tolong sukseskan program ini, mengingat batas waktu yang sangat singkat,” kata Walikota lagi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram, H. Ibrahim dalam laporannya menyebutkan pergantian KTP sekitar 300 ribu warga Kota Mataram menjadi e-KTP dilaksanakan selama 102 hari pada enam Kantor Camat dan di kantor Dukcapil. Dengan jumlah operator sebanyak 63 orang yang bertugas mulai pukul 08.00-17.00 WITA dan didampingi oleh tenaga konsorsium kecamatan.

Bagi wajib KTP yang tidak bisa datang karena alasan sakit atau lanjut usia, pihaknya akan melakukan sistem jemput bola dengan menggunakan satu unit mobil keliling yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat. “Dalam pembutan e-KTP wajib KTP tidak bisa diwakilkan, karena wajib KTP akan diambil sidik jari, retina mata, pemotretan dan tandatangan wajib KTP,” terangnya.

Usai acara lauching e-KTP, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh, Waklil Walikota H. Mohan Roliskana  dan Ketua DPRD Kota Mataram berkesempatan melakukan pergantian e-KTP perdana, yang diikuti oleh pejabat-pejabat lainnya di lingkup Pemkot Mataram. Antara lain, Sekda Ir.HL. Makmur Said MM, Asisten III  H. Syakirin Hukmi, Wakil Ketua DPRD H. Didi Sumardi SH dan I Wayan Sugiarta serta lainnya yang disaksikan langsung oleh tim Supervisi Kementrian Dalam Negeri. (Rilis Humas Pemkot Mataram: Nir/Dedy Foto)

Foto 1 Foto: 2

{xtypo_info}Foto 1: H. Mohan Roliskana, Wakil Walikota Mataram, dan Foto 2: H. Ahyar Abduh, Walikota Mataram, saat melaunching e-KTP{/xtypo_info}