Fuso plat putih dari luar daerah tak dilengkapi surat-surat diamankan Sat Lantas Polres Mataram

Mataram, MATARAMnews – Satuan Lalu Lintas Polres Mataram menindak dengan tegas kendaraan  roda dua maupun roda empat yang kedapatan sedang menggunakan plat putih dijalan dengan cara memberikan surat tilang. Hasilnya, penindakan yang baru dilakukan sejak satu pekan ini berhasil menjaring puluhan kendaraan roda dua dan roda empat. Kendaaraan yang diamankan tersebut selain menggunakan plat putih juga tidak dilengkapi dengan STNK.

Kapolres Mataram melalui Kasat Lantas, AKP Arif Harsono, mengatakan bahwa kendaraan di jalan raya harus dilengkapi dengan surat-surat kendaraan dan plat nomor yang sesuai dengan standarnya. “Terkait dengan penggunaan plat putih dan surat-surat kendaraan sudah diatur dalam pasal 68 dan pasal 69 Undang-undang No 22 Tahun 2009,” katanya ketika ditemui Rabu (1/8/2012) siang.

Karena itu, kendaraan dijalan harus dilengkapi surat-surat kendaraan, namun penindakan akan dilakukan jika hanya mengantongi surat-surat berupa, Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK) dan Bukti Tanda Coba Kendaraan (BTCK) karena surat-surat tersebut  hanya berlaku dari Agen Tunggal  Pemegang Merk (ATPM) sampai ke dealer saja untuk kepentingan penjualan, sedangkan ke konsumen harus STNK dan menggunakan plat hitam baru bisa digunakan di jalan raya.

Penindakan terhadap kendaraan berplat putih dan tidak dilengkapi dengan surat-surat tersebut dilakukan secarah serentak di seluruh Indonesia.
Menurutnya, kendaraan yang terjaring langsung ditindak dengan cara ditilang dan kemudian kendaraannya langsung dibawa ke Polres Mataram.
“Kendaraan boleh diambil pemiliknya, jika ada Plat hitam dan STNK, namun tilang tetap berlaku,” pungkasnya.

Sementara itu, dari hasil temuan dalam penindakan yang dilaksanakan tadi pagi, diketemukan satu unit truk fuso berplat putih dari luar NTB saat sedang mengangkut muatan. Ketika diperiksa kelengkapannya ternyata kendaraan tersebut tidak dilengkapi  dengan STNK, Uji KIR, dan hanya menggunakan plat putih saja.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !