Pelaku pencuri motor diamankan bersama barang buktinya oleh Polsek Ampenan
---advertisement---

Mataram, MATARAMnews – Seorang pemuda menjadi sasaran amuk warga hingga babak belur setelah kepergok warga mencuri sepeda motor.  Pemuda naas itu diketahui bernama Sutilan (17) warga Kidang, Lombok Tengah. Sutilan dihajar warga setelah aksi mencuri sepeda motor dipelataran parkir kos-kosan di jalan Energi No 21 Gatep, kecamatan Ampenan dipergoki oleh warga sekitar, Senin (6/8/2012) pukul 01.00 dini hari.

Sutilan yang saat itu sedang mendorong sepeda motor penghuni kos bernama Jonatan Eri Sahdewa tidak bisa meloloskan diri dari kepungan warga yang telah mengetahui aksinya, namun sayang tiga orang lainnya yang diketahui rekan pelaku berhasil kabur dan tancap gas begitu melihat aksi pelaku dipergoki oleh warga dengan mengendarai dua sepeda motor.

Namun beruntung, penangkapan Sutilan oleh warga tersebut langsung diketahui oleh polisi dan langsung mendatangi tempat kejadian dan mengamankan pelaku. Dari tangan pelaku berhasil diamankan barang bukti hasil kejahatan berupa satu unit sepeda motor Jupiter Z warna biru dan satu alat kejahatan berupa 1 buah kunci letter T.

Kapolres Mataram melalui Kapolsek Ampenan, Kompol Eko Supriadi, membenarkan atas penangkapan pelaku dalam kasus pencurian sepeda motor di wilayah hukumnya. “Pelaku tertangkap tangan oleh warga,” katanya ketika ditemui Selasa pagi tadi.

Menurutnya, pelaku ini saat beraksi bersama dengan tiga orang rekannya yang lain dengan menggunakan dua sepeda motor. “Kami masih melakukan pengejaran terhadap rekan pelaku,” terangnya.

Eko menambahkan, awalnya pelaku bersama dengan ketiga orang rekannya datang dari Lombok Tengah menggunakan dua sepeda motor dan telah berencana untuk melakukan pencurian sebelum sampai di tempat kejadian mereka sempat ke jalan Udayana dan setelah itu langsung ke Ampenan, namun ditengah perjalanan tiba-tiba mereka melihat sepeda motor tersebut.

Pelaku yang melihat kondisi tempat kos-kosan tersebut sepi dan mendukung upayanya untuk beraksi langsung turun dan menuju tempat motor diparkir.
“Pelaku sudah merusak kunci motor dan aksinya diketahui warga saat motor didorong untuk dibawa kabur,” paparnya.

Sementara itu pengakuan Suntilan, bahwa ia telah beraksi mencuri sepeda motor di wilayah Kota Mataram sebanyak lima kali. Dimana tiga kali masuk wilayah Kecamatan Sekarbela dan dua kali lagi termasuk yang ditangkap warga ini di wilayah Kecamatan Ampenan.

Atas aksinya kini pelaku harus mendekam dibalik jeruji besi Polsek Ampenan guna untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, Ia dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara.

---advertisement---