Cerita Petani Gunakan POC Bioplant, Mampu Tingkatkan Hasil Produksi Signifikan

MATARAMNEWS.CO.ID — Sudah tidak asing lagi bagi petani di wilayah NTB khususnya di pulau Lombok, pupuk organik cair (POC) Bioplant diakui mampu melipat gandakan hasil produksi tanaman pertanian, baik padi maupun palawijaya seperti jagung, kedelai, cabai dan lainnya.

Seperti yang diakui salah seorang petani di wilayah Pringgarata Lombok Tengah, NTB, Rahim mengaku sejak menggunakan POC Bioplant terbukti hasil produksi tanaman cabai di lahan miliknya meningkat signifikan.

“Dengan dua kali semprot setiap minggu menggunakan Bioplant, tanaman cabai saya tumbuh dengan subur. Hasilnya lebih tinggi dibanding menggunakan pupuk jenis lain”, kata Rahim, kepada mataramnews.co.id, ditemui di lokasi lahan tanaman cabai miliknya, di wilayah Pringgarata, Lombok Tengah, kemarin.

Dikatakan, dengan pola dua kali semprot menggunakan POC Bioplant setiap minggunya, selain pertumbuhannya cepat, batang pohon cabai tumbuh lebih tinggi dibanding menggunakan jenis pupuk yang lain. Bahkan daunnya lebat dan buah lebih banyak.

Setiap tanam, kata dia, meskipun ditanam pada musim hujan, tidak mempengaruhi hasil produksi cabainya. “Hasil produksi menggunakan Bioplant, bisa naik sampai 40-50 persen”, katanya.

Karena itu, Rahim yang memiliki profesi keseharian sebagai petani ini, apapun yang ditanam di lahan sekitar satu hektare yang ia miliki, tidak terlepas menggunakan POC Bioplant.

“Saya tidak bisa lepas dari Bioplant, karena telah terbukti mampu meningkatkan hasil produksi tanaman saya”, kata dia sembari menunjukkan sebuah botol pupuk organik cair Bioplant. *