Krisis Air Bersih Desa Sukadana, Kades Minta PU KLU Bangun Bak Penampungan

MATARAMnews – Krisis air mulai dirasakan masyarakat akibat kemarau panjang. Desa Sukadana, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara (KLU), pada tahun sebelumnya tidak pernah mengalami kekeringan, namun sekarang sudah mulai merasakan dampak dari kemarau panjang.

{xtypo_info}FOTO: Kepala Desa Sukadana, Sojati {/xtypo_info}

“Beberapa dusun di Desa Sukadana, seperti dusun Sembagek, Segenter, dan Tapen, sejak seminggu lalu warga mulai kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” ungkap salah seorang staf  kantor  Desa Sukadana, Mawa Mubiris, (4/10/2011) di kantor desa Sukadana.

Menurutnya, persoalan krisis air bersih di tiga dusun itu sebenarnya tidak akan terjadi, jika memiliki bak penampungan, sementara sumber air yang ada juga, dipergunakan warga untuk mengairi lahan pertaniannya, dan akibat pengaturan yang belum tepat, akhirnya warga yang merasakan dampak kekurangan air bersih.

Terkait persoalan itu, Kepala Desa Sukadana, Sojati mengaku, sudah menyampaikan semua kekurangan itu kepada Dinas PU KLU, bahkan sudah di survey, namun hingga saat ini belum ada kejelasan.

“Kami pernah mengusulkan perpipaan dan pembuatan bak penampungan dari sumber mata air Sempakok Desa Sukadana, dan sempat di survey serta diukur, tapi sampai sekarang belum terealisasi bangunannya, sehingga warga di tiga dusun itu mengalami krisis air bersih,”  jelasnya.

(Laporan: R. Dedi | Lombok Utara)

Bagikan :