Gubernur : Beasiswa Diprioritaskan Bagi Mahasiswa yang Gigih

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah memimpin rapat singkat dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, di Jalan Pendidikan Mataram, Rabu (30/1/2019).

MN, MATARAM — Mahasiswa yang lulus seleksi beasiswa ke luar negeri hendaknya diprioritaskan bagi mahasiswa yang gigih, dan punya semangat belajar tinggi. Meski keterampilan bahasanya masih tingkat dasar.

Penegasan itu disampaikan Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah pada rapat singkat dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, di Jalan Pendidikan Mataram, Rabu (30/1/2019).

Gubernur Zul mengatakan program Beasiswa belajar ke luar negeri yang dijalankan pemerintah daerah saat ini, sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Menurutnya, dengan modal semangat yang kuat, mahasiswa yang ingin belajar ke luar negeri akan lebih mudah menjalani proses belajar dengan baik.

“Saya ingin jangan sampai anak NTB yang punya kemampuan bahasa minim tidak jadi berangkat,” tegas Gubernur Zul.

Ia mengingatkan pada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB agar memfasilitasi masyarakat yang ingin belajar ke luar negeri, dengan menyiapkan peserta melalui pelatihan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.

Kepala Dikbud NTB, H. Muh. Suruji, mengatakan program beasiswa ke luar negeri pemerintah daerah telah berlangsung selama 4 tahun, namun saat ini gubernur memerintahkan agar pelaksanaannya ditingkatkan lagi, sehingga pemuda di NTB lebih banyak lagi belajar ke luar negeri.

Ia menambahkan peserta yang berminat saat ini sudah mencapai angka 1.700 orang. Mereka akan melewati seleksi kesehatan dan bagi yang sudah siap akan dibekali pelatihan bahasa asing gratis. –(hs-ntb/mn-07)