Menu
Rabu, 13 Desember 2017 | 11:30:20 am

Wabup Haerul : Olahraga Sudah Jadi Bagian Gaya Hidup Warga Lotim

Wakil Bupati Lombok Timur, H Haerul Warisin, membuka secara resmi Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Lotim II, di Lapangan Tugu Selong, Sabtu (25/11/2017). Wakil Bupati Lombok Timur, H Haerul Warisin, membuka secara resmi Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Lotim II, di Lapangan Tugu Selong, Sabtu (25/11/2017).

LOTIM - Olahraga di Lombok Timur (Lotim) sudah terlihat menjadi bagian dari gaya hidup. Olahraga selaras dengan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), yang terus dipromosikan pemerintah sebagai bagian dari Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pola hidup yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita, guna mewujudkan cita-cita masyarakat adil dan sejahtera dalam bingkai persatuan dan kesatuan dilandasi iman dan takwa.

"Saya mengamati kebutuhan masyarakat Lombok Timur untuk hidup sehat sudah semakin  tinggi," kata kata Wakil Bupati (Wabup) Lotim, H Haerul Warisin, saat membuka secara resmi Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Lotim II, di Lapangan Tugu Selong, Sabtu (25/11/2017).


Memang menurut Wabup Haerul, tidak dapat hanya diukur dari keberadaan pusat-pusat kebugaran atau kegiatan olahraga yang digelar di kelurahan atau pusat kegiatan masyarakat setiap pekan. Namun kondisi tersebut jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Pemahaman dan kesadaran telah tumbuh di dalam diri masyarakat, digerakkan oleh berbagai hal menuju ke arah yang lebih positif.

"Saya berharap pula bahwa kondisi olahraga prestasi semakin menunjukkan peningkatan," kata Wabup Haerul Warisin berharap pada acara itu yang dihadiri oleh Forkopimda, kepala OPD se Kabupaten Lotim, Camat se Kabupaten Lotim dan  para atlet seluruh Kabupaten Lotim yang bertanding.

Untuk mendorong peningkatan prestasi olahraga, disebutkan Wabup, Pemkab Lotim secara konsisten menyelenggarakan berbagai even. Selain menghidupkan olahraga, ini dimaksudkan pula memantau serta mengukur perkembangan masing-masing cabang olahraga secara reguler.

Wabup Haerul menjelaskan, setiap tahun pemerintah berkomitmen untuk menggelar kegiatan olahraga. Porkab diselingi Bupati Cup. Karena pemerintah sadar olahraga tidak dapat diukur hanya dari latihan. Pertandingan dan perlombaan, menghadapi lawan adalah cara nyata mengukur kemajuan dan peningkatan yang diperoleh dalam latihan.  Atmosfer pertandingan atau perlombaan, kompetisi yang ada di dalamnya akan memacu atlet mengeluarkan potensi terbaiknya. Tentunya dengan tetap berpegang pada sportivitas.

Sesungguhnya lanjut Wagub Haerul, kegiatan olahraga semacam ini bukan hanya akan mengukur prestasi olahraga itu sendiri, tapi juga melihat sejauh mana progres dan keberhasilan pembangunan. Sejauh mana setiap aspek mendapat perhatian, sehingga dapat menekan kesenjangan antara satu sektor dengan sektor lainnya.

"Saya berharap atmosfer kompetisi juga akan menular dalam upaya pembangunan sehingga masing-masing kecamatan akan berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Saya mengucapkan selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas dan berikan yang terbaik," ujarnya.

(mn-09/r3)

^ KEMBALI KE ATAS