Menu
Jumat, 24 November 2017 | 8:58:45 am

Peringatan HKN di NTB : "Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku"

Peringatan HKN di NTB : "Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku"

MATARAM - Sebagai salah satu indikator pembentuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM), sektor kesehatan memegang peranan penting untuk terciptanya masyarakat yang sehat dan cerdas. Namun, kesehatan masyarakat sebagai kekuatan sebuah bangsa, tentu harus didukung dan dibangun dari keluarga dan masyarakat yang sehat.

Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin menegaskan hal tersebut saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI pada upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Senin (13/11/2017). Upacara yang diperingati setiap tanggal 12 November tersebut mengambil tema "Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku".


Di hadapan ratusan peserta upacara dan sejumlah kepala OPD Lingkup Pemprov NTB, Wagub kelahiran Sumbawa itu meminta seluruh jajaran dinas kesehatan untuk memaksimalkan usaha dan fokus menangani berbagai masalah kesehatan. Seperti terus melakukan kampanye dan edukasi kepada masyarakat, terutama keluarga untuk senantiasa hidup sehat.

"Kesehatan bangsa kita ini bergantung kesehatan keluarga. Maka, kita ajak keluarga kita untuk membiasakan hidup sehat di masyarakat. Ini harus dimulai dengan pendekatan keluarga," Jelas Wagub.

Selain melibatkan keluarga, Menteri Kesehatan juga meminta seluruh jajaran kesehatan untuk bekerjasama dengan sektor-sektor lain. Bekerja dan berikhtiar melalui keterlibatan lintas sektor dan program, akan memberikan kekuatan mewujudkan masyarakat yang sehat. Sehingga bangsa yang besar seperti Indonesia ini juga akan sehat dan kuat. Tidak hanya mengedukasi namun juga memberikan semangat agar para keluarga memiliki kemandirian untuk hidup sehat. Termasuk bagaimana menciptakan generasi yang produktif dan berdaya saing.

"Saya mengajak jajaran Puskemas untuk mengambil peran dan terlibat langsung mengedukasi masyarakat," Ajak Menkes melalui Wagub.

Karena itu, HKN tahun ini merupakan momentum yang dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi kembali Keberhasilan yang sudah dicapai. Juga menggelorakan program revolusi mental yang diinisiasi Presiden Joko Widodo.

Pada tempat yang sama, Wagub menyerahkan penghargaan kepada sejumlah Puskesmas, perawat, dokter dan tenaga kesehatan teladan lainnya yang telah memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian yang dilakukan jajaran dinas kesehatan provinsi NTB sebagai rangkaian hari kesehatan Nasional tahun 2017.

Sejumlah kategori yang dinilai di antaranya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional melalui Pemanfaatan Taman Obat Keluarga dan Tenaga Kesehatan Teladan.

(mn-07/r3)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik