Menu
Jumat, 24 November 2017 | 9:09:14 am

Tingkatkan Wawasan Pengawasan, Panwascam se Kota Mataram Dibekali

Tingkatkan Wawasan Pengawasan, Panwascam se Kota Mataram Dibekali

MATARAM - Selang beberapa hari setelah dilantik. Kini anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) langsung diberikan pembekalan dalam rangka melaksanakan tugas pengawasan.

Pembekalan terhadap anggota panwascam dan koordinator sekretariat panwascam se Kota Mataram tersebut dilaksanakan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Mataram dalam bentuk rapat kerja tekhnis (Rakernis).

Ketua Panwaslu Kota Mataram Drs Ruslan mengatakan bahwa rapat kerja tekhnis tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam melakukan pengawasan pemilu bagi anggota panwascam.

"Rapat kerja yang partama kali kita laksanakan ini guna untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita bersama-sama nantinya dalam melakukan pengawasan pemilu," ucapnya ketika membuka acara Rakernis pada Sabtu 4 Nopember 2017, yang didampingi oleh komisioner dan koordinator sekretariat Panwaslu Kota Mataram.

Menurutnya pengawasan itu wajib dilakukan untuk jalannya pesta demokrasi agar sesuai dengan aturan yang berlaku karena potensi pelanggaran tidak menutup kemungkinan ada karena itulah perlu dilakukan pengawasan. "Kita dalam melalukan pengawasan sudah diatur dalam undang undang," ujarnya.


Pada kesempatan tersebut Ruslan juga mengingatkan kepada para anggota panwascam agar dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas harus berjalan sesuai dengan aturan dan kode etik yang telah diatur, karena jika bermain main maka akan terkena sangsi.

"kita sebagai penyelenggara pemilu yang melakukan pengawasan, namun juga kita diawasi oleh DKPP karena itu kita tidak boleh menyimpang dari aturan dan kalau kita main main maka kita akan dikeluarkan dari sistem," pungkasnya.

Sementara itu ketua panitia Lalu Abdul Hanan mengatakan Rakernis yang diikuti oleh anggota panwascam dan koordinator sekretariat serta bendahara pada panwascam tersebut dilaksanakan selama dua hari yang dimulai pada Sabtu hingga Minggu besok.

Tujuannya menurut dia, untuk memberikan pemahaman pada seluruh peserta tentang Undang Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu yaitu pemahamaan penindakan pelanggaran tata cara penanganan pelanggaran pemilu dan pengawasan pemilu.

Sedangkan pada Rakernis tersebut menghadirkan pemateri dari Komisioner Panwaslu Kota Mataram, Koordinator Sekretariat Panwaslu serta Komisioner Bawaslu NTB.

(mn-07/r3)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik