Menu
Rabu, 17 Januari 2018 | 9:21:52 am

Bupati Fauzan Sebut Pemberdayaan Perempuan Mampu Turunkan Kemiskinan

Bupati Fauzan Sebut Pemberdayaan Perempuan Mampu Turunkan Kemiskinan

LOBAR – Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid dalam Peringatan Hari Ibu ke-89 tahun 2017, menekankan agar semua program di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus melibatkan perempuan sebagai langkah peningkatan pemberdayaan perempuan.

Peringatan Hari Ibu Ke 89 Tahun 2017 kali ini mengambil tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya", dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Rabu (27/12).

Fauzan mengatakan, perempuan Lombok Barat saat ini sudah diberdayakan dengan cukup baik. “Sekarang perempuan Lombok Barat sudah berdaya dan ini harus kita tingkatkan. Bahkan, program-program OPD, organisasi kemasyarakatan dan organisasi perempuan itu arahnya bagaimana agar perempuan Lombok Barat terus berdaya dan dapat ditingkatkan keberdayaannya. Itulah makna dari Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya,” jelasnya.

Menyinggung soal tingkat kemiskinan, Fauzan berkeyakinan kontribusi perempuan sangat penting sebagai solusi isu strategis tersebut. Melalui pemberdayaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah di sektor pertanian, perikanan maupun perdagangan oleh instansi terkait diyakini mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kedepannya, salah satu program prioritas bagaimana mengakselerasi penurunan tingkat kemiskinan. Kalau ibu-ibu kita mengintervensi langsung, saya yakin kemungkinan berhasilnya lebih besar. Begitu juga dengan peningkatan IPM kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lombok Barat, Hj. Sukerniati dalam kesempatan itu mengatakan, pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Ibu bukan hanya kegiatan seremonial saja, namun banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi wanita untuk mengisi pembangunan perempuan di Lombok Barat. Misalnya, Tim Penggerak PKK di mana dengan kerja kerasnya mampu menorehkan prestasi nasional sebagai juara I Lomba Tertib Administrasi PKK Desa tingkat Nasional melalui PKK Desa Montong Are.

“Ini menjadi kebanggaan kita bersama sebagai warga Lombok Barat dengan semangat Lanjutkan Berprestasi,” tegasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada juara Lomba Tertib Administrasi, Hatinya PKK, PHBS dan LBS tingkat Kabupaten. Sebagai penutup, Bupati H. Fauzan Khalid didampingi Ketua TP-PKK Lobar Hj. Khairatun, Ketua DPRD Lobar Hj. Sumiatun dan Ketua DWP Hj. Sukerniati melakukan pemotongan tumpeng.

(mn-09/r3)

^ KEMBALI KE ATAS