Menu
Rabu, 17 Januari 2018 | 4:39:43 am

Dukcapil Lobar : Perekaman e-KTP, Selesai Sebelum Pemilukada 2018

Dukcapil Lobar : Perekaman e-KTP, Selesai Sebelum Pemilukada 2018

LOBAR - Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat, H Muridun mengungkapkan perekaman e-KTP atau KTP elektronik hingga saat ini sudah mencapai 83 persen. Sisanya akan dikebut selesai sebelum pelaksanaan pemilukada 2018.

"Sampai hari ini (3/1/2017), perekaman sudah mencapai 83 persen, sisanya 17 persen yang belum dari jumlah 510.000 jiwa populasi wajib KTP di Kabupaten Lombok Barat," terang H Muridun, Rabu kemrin.

Kendati masih ada masyaraat yang beranggapan bahwa perekaman e-KTP bisa dilakukan ketika akan dibutuhkan saja, namun upaya Dinas Dukcapil Lobar dalam memudahkan pelayanan perekaman tetap dilakukan.

"Untuk mencapai target perekaman, kita (Dinas Dukcapil Lobar) tetap menggunakan pelayanan mobile berkeliling desa, termasuk pelayanan di tempat tempat keramaian, seperti saat acara perang topat," ungkapnya.

Upaya Dukcapil lainnya, ungkap Muridin, juga sudah melakukan kerja sama dengan 12 Kantor Dinas yang ada di Lombok Barat, salah satunya Dinas Kelautan yang sudah memiliki sekitar 5.000 lebih kelompok nelayan.

"Kita mencari dari kelompok nelayan itu masih banyak masyarakat nelayan yang tidak punya KTP yang perlu perekaman menggunakan layanan mobile," ujarnya.

Muridun menambahkan, dalam memudahkan pelayanan perekaman juga dilakukan ketika penilaian lomba desa tingkat nasional.

"Kita buka stan untuk perekaman e-KTP, namun cuman dapet 17 orang saja. Padahal kita sudah sampaikan kepada kecamatan dan desa untuk memberikan informasi kepada masyarakat setempat agar segera melakukan perekaman bagi yang belum, jangan sampai datang ke Dukcapil Gerung kanjauh," ujarnya.

Dengan upaya maksimal yang telah dilakukan Dukcapil Lobar selama ini, Muridun berharap target 100 persen perekaman e-KTP bisa terlaksana sebelum pesta demorasi pilkada serentak Lobar 2018.

(mn-09/r3)

^ KEMBALI KE ATAS