Menu
Senin, 15 Oktober 2018 | 1:58:45 pm

BPBD NTB Siapkan Langkah Antisipasi Kemarau Panjang

Kepala BPBD NTB, M.Rum, saat memberikan keterangan pers, langkah-langkah BPBD menghadapi musim kering yang diprediksi akan mulai Agustus mendatang. Kepala BPBD NTB, M.Rum, saat memberikan keterangan pers, langkah-langkah BPBD menghadapi musim kering yang diprediksi akan mulai Agustus mendatang.

MATARAM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, saat ini sedangkan mempersiapkan langkah-langkah yang akan diambil menghadapi musim kering atau kemarau panjang.

Mengingat musim kering yang akan dihadapi beberapa wilayah di NTB diprediksi waktunya lebih panjang dibandingkan dari pada tahun sebelumnya.

Memurut Kepala BPBD NTB, M.Rum, untuk menghadapi musim kering yang puncaknya diperkirakan mundur dibadingkan dengan tahun lalu, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak pihak terkait.

"Kita telah melakukan Rakor, terus kita minta kepada BPBD kabupaten kota untuk menetapkan siaga darurat kekeringan agar segera lapor pada kami apa kendalanya hinga bisa kita bantu," ucap Rum di Mataram, Kamis (19/7/2018).

Dimana sebut Rum, berdasarkan data dari BMKG bahwa puncak kekeringan itu diperkirakan pada bulan Agustus, namun walaupun awal kekeringan mundur tetapi masanya lebh lama karena akan terjadi elnino di bulan Oktober November dan Desember.

"Kalau ada elnino curah hujan dibawah normal, kalau curah hujan dibawah maka ancaman banjir kurang tapi kita siapkan untuk dampak kekeringan yamg berkepanjangan," tegasnya.

Karena berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan pihak terkait, seperti TNI Polri, PDAM, pihak PU Cipta Karya, para pihak tersebut untuk membantu menyalurkan air dengan mobil tangki yang dimiliki.

Dipaparkan M.Rum, bahwa dari dari per 30 Juni kemarin ada beberapa wilayah di NTB yang diperkirakan akan mengalami kekeringan yang ekstrim dan kekeringan yang panjang.

Dimana untuk kekeringan yang ekstrim itu diperkirakan akan terjadi di wilayah Sape, Madapangga Bima, Jerowaru dan Pringgabaya di Lotim serta di wilayah Lombok Tengah yaitu meliputi Pujut, Praya Tengah dan Praya Timur.

Sedangkan untuk kekeringan panjang dengan rentang dua bulan tidak ada hujan yaitu meliputi wilayah Lombok Timur di Swela, Aikmal dan Labuanhaji, kumudian Alas Sumbawa, Pemenang KLU serta wilayah Bima yaitu Wawo, Soromandi, dan Rasamae Timur.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Salam Redaksi

Selalu Terhubung :