Menu
Selasa, 16 Oktober 2018 | 3:28:38 pm

Menko Luhut Tegaskan Dana Rekontruksi Terdampak Gempa di NTB Sudah Turun

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (dua dari kanan) bersama Menkeu Sri Mulyani, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dan  Direktur IMF Christine Lagarde (kanan), saat mengunjungi lokasi terdampak dan korban gempa bumi di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, Senin (8/10/2018). Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (dua dari kanan) bersama Menkeu Sri Mulyani, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dan Direktur IMF Christine Lagarde (kanan), saat mengunjungi lokasi terdampak dan korban gempa bumi di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, Senin (8/10/2018).

LOMBOK - Sesuai dengan hasil keputusan rapat kabinet, pemberian dana Rp50 juta untuk rumah rusak berat, akan diberikan secara bertahap sebesar Rp10 juta setiap tahapannya.

"Dana untuk hal itu sudah ada, tinggal bagaimana administrasi dapat dikelola dengan baik. Intinya dana itu sudah turun," kata Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, saat mengunjungi lokasi terdampak dan korban gempa bumi di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, Senin (8/10/2018).

Berkaitan dengan masalah gempa, Luhut menjelaskan Indonesia berada di ring of fire, hal ini merupakan penyebab sering terjadi gempa mulai dari ratusan tahun yang lalu. "Hanya saja saat ini dengan kemajuan teknologi, kita bisa dengan cepat mengetahuinya," ujarnya.

Dari rentetan bencana alam yang dialami, Luhut mengatakan bahwa pemerintah terus mempelajari dan mengidentifikasi untuk melakukan berbagai upaya. Salah satu rencana strategis yang ditempuh pemerintah adalah, akan dibangunnya logistik base seperti di Medan, Bangka Belitung, Surabaya, Kalimantan, Makasar dan Papua.

Lokasi-lokasi tersebut untuk mempersiapkan alat-alat berat sebagai salah satu kunci menghadapi masalah bencana sehingga dalam waktu cepat bisa dilakukan pengiriman alat-alat tersebut di lokasi bencana gempa.

Senada dengan Menko Maritim, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang juga hadir saat itu menegaskan bahwa Pemerintah berkomitmen untuk terus memberikan perhatian penuh terutama untuk pemulihan pasca gempa di NTB.

"Saat ini pemerinta telah membelanjakan sebesar 2,1 triliun untuk kebutuhan pemulihan, emergensi dan bantuan kedaruratan," kata Menkeu Sri Mulyani.

(hs-ntb/mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Salam Redaksi

Selalu Terhubung :