Menu
Selasa, 11 Desember 2018 | 4:31:56 pm

Puluhan Miliar Rupiah Sisa Anggaran KPU NTB Dikembalikan ke Kas Daerah

Acara FGD evaluasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB tahun 2018, yang digelar KPU NTB di Mataram, Kamis (11/10/2018). Acara FGD evaluasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB tahun 2018, yang digelar KPU NTB di Mataram, Kamis (11/10/2018).

MATARAM - KPU NTB akan mengembalikan puluhan milyar rupiah, sisa penggunaan dana penyelenggaraan pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur NTB 2018.

Pengembalian dana yang berasal dari pemerintah daerah provinsi NTB tersebut ke KAS daerah merupakan sisa anggaran yang tidak terpakai dari jumlah yang telah digelontorkan sebesar Rp167 milyar lebih.

Menurut Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori, setelah dilakukan secara detail ada pontensi sekitar Rp28 milyar lebih yang akan dikembalikan ke KAS daerah karena tidak digunakan.

"Secara hitung-hitungan bahwa tidak semua anggaran yang dianggarkan sebesar Rp167 milyar lebih digunakan dalam pelaksanaan pilkada NTB," terang Aksar, dalam acara FGD evaluasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB tahun 2018, di Mataram, Kamis (11/10/2018).

Dari sekitar Rp28 milyar, ungkap Aksar, yang akan dikembalikan tersebut, sebelumnya sudah dikembalikan sebesar Rp15 milyar, diantaranya berasal dari pengadaan logistik yang harga satuannya ditawar oleh rekanan dibawah anggaran.

"Setelah dilakukan proses perhitungan secara detail, masih ada potensi dikembalikan lagi sekitar Rp13 milyar," ujarnya.

Pengembalian anggaran tahap kedua yang diperkiran sekitar Rp13 milyar tersebut, akan dilakukan pada bulan November mendatang.

Diungkapkan Aksar, dana yang dikembalikan tersebut dikarenakan tidak terpakai mulai dari anggaran yang dipersiapkan jika ada sengketa perselisihan hasil pilkada di MK.

"Karena tidak adanya gugatan di MK, maka tidak ada pengeluaran untuk bayar pengacara,membawa dokumen ke MK," ungkapnya.

Tidak itu saja penghematan juga terjadi pada penganggaran honor bagi petugas PPK, yang mana dianggarkan untuk 9 bulan, namun yang dibayarkan hanya 8 bulan, dan satu bulan dikembalikan, tidak boleh digunakan.

Terkait adanya pengembalian anggaran yang tidak terpakai dalam pelaksanaan pilkada NTB, mendapatkan apresiasi dari pihak pemerintah provinsi NTB. Apresiasi tersebut disampaikan melalui Karo Pemerintahan Setda NTB, Lalu Wijaya Kusuma.

Menurut Lalu Wijaya, pengembalian sisa anggaran yang tidak terpakai sekitar Rp28 milyar dari Rp167 milyar dana yang dihibahkan oleh Pemprov NTB ke KPU NTB.

Tidak itu saja apresiasi tersebut disampaikan karena pelaksanaan pilkada NTB berjalan dengan damai dan kondusif, serta tingkat partisipasi masyarakat dianggap sangat tinggi secara nasional yaitu mencapai 75 persen.

"Ini bagus, kami apresiasi, semua aspek berjalan baik dan bagus, termasuk pengembalian dana yang tidak terpakai," ucapnya.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :