Menu
Senin, 17 Desember 2018 | 5:51:52 am

Wagub Minta Sekolah Jadi Pioner Pemulihan Lingkungan

Wakil Gubernur (Wagub) Hj. Sitti Rohmi Djalillah menghadiri Penganugerahan Penghargaan Kepada Juara Lomba Sekolah/Madrasah Sehat Dan Parade Marching Band/Gendang Beleq Pelajar Tingkat Provinsi NTB Tahun 2018 di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB, di Jalan Pejanggik Mataram, Jumat (7/12/2018). Wakil Gubernur (Wagub) Hj. Sitti Rohmi Djalillah menghadiri Penganugerahan Penghargaan Kepada Juara Lomba Sekolah/Madrasah Sehat Dan Parade Marching Band/Gendang Beleq Pelajar Tingkat Provinsi NTB Tahun 2018 di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB, di Jalan Pejanggik Mataram, Jumat (7/12/2018).

MN, MATARAM -- Wakil Gubernur (Wagub) Hj. Sitti Rohmi Djalillah meminta seluruh jajaran sekolah menjadi pioner untuk memulihkan kembali lingkungan di sekitar.

“Saya ingin kita bisa mengedukasi anak-anak mengenai lingkungan dengan cara yang praktis. Edukasi ini paling bagus dimulai dari sekolah," kata Wagub Rohmi saat Penganugerahan Penghargaan Kepada Juara Lomba Sekolah/Madrasah Sehat Dan Parade Marching Band/Gendang Beleq Pelajar Tingkat Provinsi NTB Tahun 2018 di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB, di Jalan Pejanggik Mataram, Jumat (7/12/2018).

Wagub mengajak untuk mendidik anak-anak agar memiliki pondasi yang kuat di tingkat pendidikan dasar, sehingga bisa menjadi anak yang berhasil.

Begitu banyak perkembangan di Provinsi NTB. Namun, menurut Wagub tidak cukup hanya berkembang, tentu kita ingin maju, termasuk maju dalam memperbaiki kondisi kesehatan diri dan lingkungan.

"Sebagaimana kondisi saat ini, dimana terjadi banjir karena keteledoran kita terhadap lingkungan. Upaya kita saat ini adalah, bagaimana sekolah bisa menjadi pionir dalam memulai berbagai upaya pemulihan kondisi lingkungan di daerah kita," ujar Wagub.

Selain itu, Wagub Rohmi juga meminta masyarakat untuk mengaktifkan bank sampah di setiap desa. "Kita harus mampu untuk merubah situasi, dimana kedepan ini, sampah menjadi berkah bukan menjadi bencana. Apalagi sekarang berhubungan dengan sekolah sehat, jangan sampai hanya formalitas semata saat berlangsungnya penilaian," pintanya.

Terkait masalah kesehatan, Wagub Rohmi mengharapakan semua sekolah bisa benar-benar menerapkan kriteria sekolah sehat. "Apabila semua institusi mampu menjalankan dengan baik, maka saya yakin masalah ini bisa teratasi,” tambahnya.

Wagub Rohmi juga mengapresiasi kegiatan lomba gendang beleq dan marching band yang juga diselenggarakan dalam kegiatan tersebut. "Kiranya lomba gendang beleq ini dapat meningkatan semangat kita untuk melestarikan budaya, serta perlombaan marching band dapat melatih kedisiplinan anak-anak kita kedepannya," tutup Wagub.

Sementara itu, Kepala Biro Kesra selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun pada tingkat kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional. Setiap tahun ada wakil Provinsi NTB ke nasional.

Untuk Lomba sekolah sehat tahun 2018, diselenggarakan pada Bulan Agustus yang diiukuti dari tingkat TK smpai SMA/SMK.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan trophy, piagam penghargaan dan hadiah oleh Wakil Gubernur Provinsi NTB kepada para pemenang untuk setiap kategori. --(hs-ntb/mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :